Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Solo Benteng Pancasila, PSM Voca Erudita Jadi Duta Generasi Milenial

Kompas.com - 02/07/2019, 07:00 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Paduan suara mahasiswa (PSM) Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah ditunjuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai 'Duta Generasi Milenial'.

Penunjukan tersebut berdasarkan tagline UNS sebagai kampus 'Benteng Pancasila'.

Hal tersebut disampaikan Direktur Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Aris Heru Utomo saat memberikan keterangan pers berkaitan PSM Voca Erudita sebagai Duta Generasi Milenial di Auditorium Haryo Mataram UNS Solo, Jawa Tengah, Senin (1/7/2019).

Baca juga: PSM Voca Erudita UNS Satu-satunya Wakil Indonesia Kompetisi Paduan Suara di Italia

Dia menilai banyak unit kegiatan kemahasiswaan di kampus lain di Indonesia justru disusupi oleh ajaran atau ideologi yang bisa menghancurkan Pancasila. Namun tidak dengan UNS.

Menurut Aris, UNS justru menunjukkan sebagai kampus yang siap menjaga dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.

"Kenapa kita pilih paduan suara, karena memang itu yang terlihat peran positifnya. Seperti kita ketahui bahwa di dunia akademik banyak kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang mungkin (banyak disusupi ajaran/ideologi bisa menghancurkan Pancasila), kalau di UNS tidak. Karena UNS kan tagline-nya kampus Benteng Pancasila," kata Aris.

Aris pun berharap ditunjuknya PSM Voca Erudita sebagai Duta Generasi Milenial tersebut dapat menjadi contoh kampus lain di Indonesia dalam penanaman dan penyemaian kembali nilai-nilai Pancasila.

"Kegiatan paduan suara nantinya bisa menjadi motor di garis depan untuk membumikan Pancasila ke masyarakat," cetusnya.

Baca juga: Paduan Suara Voca Erudita Sabet Tiga Penghargaan Internasional

Kasgartap I/ Jakarta Brigjen TNI Herianto Syahputra yang hadir dalam acara tersebut menambahkan, mereka yang akan memimpin Indonesia adalah generasi milenial yang harus setia akan Pancasila dan NKRI, memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme serta bebas dari narkoba.

"Generasi muda milenial di seluruh Indonesia untuk bisa bergerak. Baik itu kaitannya pengamalan Pancasila, antinarkoba, antitawuran dan lain-lain. Anak muda ini akan menjadi aset ke depan itu menjadi pemimpin yang lebih hebat dan terlepas dari pengaruh narkoba," tandasnya.

Sementar itu, Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho mengatakan, Voca Erudita merupakan paduan suara mahasiswa yang didirikan UNS pada 17 Desember 1987. Sudah cukup banyak prestasi yang ditorehkan PSM Voca Erudita.

"Kita lihat lima tahun terakhir saja sudah banyak baik di dalam maupun di luar negeri kejuaran-kejuaran yang dimenani Voca Erudita," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com