Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laku Rp 1 Miliar, Merpati Ini Pecahkan Rekor Burung Termahal

Kompas.com - 01/07/2019, 19:18 WIB
Putra Prima Perdana,
Khairina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com- Siapa sangka harga jual seekor burung merpati bisa mencapai angka Rp 1 miliar. Nominal fantastis ini mampu dipecahkan oleh seekor burung merpati yang sebelumnya dimiliki oleh warga Kota Bandung bernama Aristyo Setiawan.

Saat ditemui di tempat kerjanya di kandang Embatama di Jalan Cisaranten, Kota Bandung, Senin (1/7/2019), Aris mengaku tidak pernah menyangka ada yang mau membeli burung merpati miliknya dengan mahar Rp 1 miliar.

Burung merpati yang diberi nama Jayabaya oleh Aris terjual kepada seorang penghobi asal Bogor bernama Robby pada Jumat (28/6/2019) lalu. Tetapi, uang mahar yang diberikan tidak berbentuk tunai melainkan berbentuk bilyet giro.

Baca juga: Kenali Kawasan Jelajah, Peneliti Lepaskan Burung Maleo Bercincin

Aris mengatakan, awalnya dia tidak mau menjual burung merpati kesayanganya tersebut. Agar tidak ada yang berani beli, dia mengaku sengaja mematok harga tinggi.

“Sebenarnya saya berat ngelepas. Strategi saya biar orang enggak ada yang mau beli burung saya, makanya dipatok Rp 1 miliar,” kata Aris, Senin sore.

Rasa sayang Aris terhadap burung merpati miliknya goyah ketika datang dua tawaran menggiurkan. Tawaran pertama datang dengan nilai Rp. 700.000.000 dan tawaran kedua Rp. 750.000.000. Aris hanya goyah, tapi belum mau melepas burung merpatinya ke tangan orang lain.

“Ada dua orang yang nawar. Dari Banten Rp 700 juta dan pak Robby orang Bogor (Rp 750 juta). Penawarannya itu sekitar dua bulan lalu," bebernya.

Kedua tawaran menggiurkan itu belum terlalu digubris oleh Aris. Namun, ketika salah satu dari dua orang penawar yang pernah ditolaknya dua bulan lalu kembali datang menyebutkan angka Rp 1 miliar untuk memboyong Jayabaya, Aris tidak kuat menahan godaan.

Tak mau kehilangan momen langka, burung merpati juara itu akhirnya direlakan olehnya untuk dimiliki orang lain.

“Mungkin pak Robby takut keduluan, jadi pak Robby berani bayar segitu. Saya juga kaget kok, ada yang sanggup ngeluarin Rp 1 miliar buat seekor burung. Kalau paketan misalnya pernah ada 12 ekor sampai 20 burung seharga Rp 700.000.000, tapi ini satu burung," ujar Aris masih keheranan.

Ditanya soal prestasi, Aris mengatakan jika Jayabaya memang jawara di berbagai ajang lomba merpati tingkat nasional khususnya di ajang kelas merpati tinggi kolong meja.

"Awalnya memang sering kalah dulu karena pastinya butuh penyesuaian. Tapi setelah itu selalu berprestasi," ungkapnya.

Aris menuturkan, belasan kali Jayabaya naik podium juara baik juara 1 maupun masuk 10 besar burung terbaik perlombaan yang rutin digelar oleh organisasi Penggemar Merpati Tinggi Indonesia (PMTI). Rata-rata, kata Aris, PMTI menggelar hingga 22 kali kejuaraan setiap tahun.

"Sebelum dipegang saya juga, Jayabaya pernah juara 1 Anniversary Bansel," ungkap dia.

Baca juga: Burung Merpati, Penghilang Rasa Jenuh Pemain Timnas Voli Putra

Dalam satu tahun bisa dapat prestasi belasan itu luar biasa. Belum ada yang bisa menyamai rekor Jayabaya," imbuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com