Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan Tradisi Unik, 60 Anggota Polres Ambon ''Dihukum'' Saat Kenaikan Pangkat

Kompas.com - 01/07/2019, 16:30 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com - Sebanyak 60 anggota Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease menjalani upacara kenaikan pangkat dalam acara HUT ke-73 Bhayangkara yang berlangsung di halaman Kantor Polres Ambon, Senin (1/7/2019). Upacara kenaikan pangkat puluhan personel Polres Pulau Ambon ini dipimpin langsung Kapolres Pulau Ambon, AKBP Sutrisno Hadi Santoso.

Ada hal yang menarik dalam upacara kenaikan pangkat tersebut. Sebuah tradisi unik dilakukan untuk memeriahkan upacara kenaikan pangkat.

Baca juga: Kapolri Beri Kenaikan Pangkat pada Bripka Afrizal, Polisi yang Tertembak Perampok

Awalnya, Sutrisno menyalami seluruh anggotanya yang naik pangkat seusai upacara. Suasana bahagia pun menyelimuti raut wajah puluhan anggota polisi yang didampingi istri. Mereka saling berjabat tangan dan berpelukan serta memberi ucapan selamat satu sama lain.

Namun, suasana seketika berubah menjadi riuh setelah Kapolres Pulau Ambon menyemprotkan air ke para anggotanya hingga basah kuyup. Setelah itu, Sutrisno ''menghukum" para anggotanya itu untuk berjalan jongkok mengelilingi lapangan upacara.

Ucapan selamat tetap berlangsung saat puluhan anggota polisi melaksanakan perintah atasannya untuk jalan jongkok. Setelah itu, anggota Polres Ambon tersebut langsung melakukan sujud syukur atas pencapaian karir yang dijalani.

Baca juga: HUT Bhayangkara ke -73, Polisi Bagi-bagi Telur, Dancow, dan Helm SNI

“Tradisi ini bukan bermaksud untuk menyiksa anggota. Naik pangkat, bagi anggota itu hal luar biasa, sangat penting. Jadi kita ingin ada kesan bagi mereka,” kata Sutrisno kepada wartawan.

Sutrisno berpesan kepada seluruh anggotanya, khususnya yang baru dianugerahi kenaikan pangkat, agar tidak sewenang-wenang terhadap masyarakat dalam menjalankan tugas.

”Jadilah polisi yang melindungi dan mengayomi masyarakat,'' kata Kapolres

Sesuai instruksi Kapolri, perayaan HUT Bhayangkara akan dilaksanakan pada 10 Juli 2019 mendatang. Polres Pulau Ambon sendiri akan merayakan HUT Bhayangkara dengan menggelar pesta rakyat.

Baca juga: HUT Bhayangkara, Warga yang Lahir Tanggal 1 Juli Gratis Urus SIM di Polres Bandung

Selain itu, Polres Pulau Ambon juga akan memberikan penghargaan bagi para anggota dan sejumlah pihak yang telah membantu tugas kepolisian di wilayah tersebut.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com