Wiranto Ingin Jokowi dan Prabowo Segera Rekonsiliasi

Kompas.com - 30/06/2019, 16:20 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Gedung PPATK, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).  KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTOMenteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Gedung PPATK, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berharap, Joko Widodo ( Jokowi) dan Prabowo Subianto dapat segera menggelar pertemuan.

Hal ini dalam rangka rekonsiliasi pasca- Pilpres 2019.

Wiranto mengatakan hal tersebut saat menghadiri rapat pleno terbuka penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).

"Tentu kita berharap dengan penetapan ini kebersamaan ini dapat terjalin kembali. Atau istilahnya yang dipopulerkan proses rekonsiliasi dapat berjalan dengan baik," kata Wiranto. 

"Dua tokoh kita harapkan Pak Jokowi dan Pak Prabowo bisa segera bertemu, untuk bicarakan bangsa Indonesia." 

Baca juga: Perolehan Suara Jokowi-Maruf Lebih Besar dari 2014, Kontrol Publik Semakin Ketat

Menurut Wiranto, dengan ditetapkannya Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai paslon terpilih Pemilu 2019, maka tahapan penting dalam proses berdemokrasi telah terlewati.

Ia mengatakan, Indonesia sudah berhasil menyelesaikan proses pemilihan umum yang terbesar dan paling rumit.

Memang terjadi sejumlah gejolak selama tahapan pemilu, tetapi, hal itu masih bisa diatasi.

"Memang ada gejolak tetapi Alhamdulillah atas kesadaran bersama gejolak itu berakhir dengan baik," ujarnya.

Oleh karenanya, menurut Wiranto, tahapan selanjutnya adalah melakukan pembangunan nasional untuk mencapai kemajuan Indonesia.

Baca juga: Tak Hadiri Penetapan Presiden di KPU, Prabowo Utus Habiburokhman

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X