BKSDA Pasang Perangkap untuk Beruang yang Serang Manusia di Riau

Kompas.com - 30/06/2019, 13:40 WIB
Petugas BBKSDA Riau memasang perangkap untuk menangkap beruang yang menyerang seorang petani di Desa Sungai Salak, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rohul, Riau, Sabtu (29/6/2019). Dok. BBKSDA Riau KOMPAS.com/IDON TANJUNGPetugas BBKSDA Riau memasang perangkap untuk menangkap beruang yang menyerang seorang petani di Desa Sungai Salak, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rohul, Riau, Sabtu (29/6/2019). Dok. BBKSDA Riau

PEKANBARU, KOMPAS.com - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, memasang perangkap untuk mengevakuasi atau menangkap beruang yang menyerang seorang petani saat menyadap karet di Desa Sungai Salak, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Perangkap yang dipasang petugas terbuat dari besi berukuran besar. Di dalamnya dipasang umpan sebagai pemancing.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III BBKSDA Riau, Bintang Hutajulu mengatakan, perangkap sudah beberapa hari dipasang.


"Kita buat umpannya minyak jelantah, madu dan sarden juga ada. Yang paling disukai beruang itu adalah minyak jelantah, minyak goreng. Kalau di camp-camp illegal logging itu yang pertama dicari beruang," sebut Bintang saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/6/2019).

Baca juga: Seorang Petani Diserang Beruang Saat Sadap Karet di Riau

Sejauh ini, kata dia, belum ada terlihat beruang masuk ke perangkap tersebut.

Adapun perangkap yang dipasang hanya satu buah di wilayah jelajah beruang atau di sekitar terjadinya konflik.

"Informasi dari tim di lapangan belum ada tertangkap," ujarnya.

Bintang menambahkan, beruang tersebut akan dievakuasi untuk mengantisipasi terjadinya kembali konflik beruang dengan manusia.

Baca juga: Sebulan di Sarang Beruang dan Luka Parah, Pria Ini Bertahan Hidup

Diberitakan sebelumnya, seorang pria bernama Capri Lubis (sebelumnya ditulis Lubis) diserang beruang saat menyadap karet di kebunnya di Desa Sungai Salak, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Kamis (27/6/2019) lalu. Beruntung, pria 45 tahun itu selamat dari serangan satwa buas dilindungi tersebut.

Korban diterkam saat menyadap karet bersama istrinya di kebun. Saat itu beruang datang dan menyerang korban.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X