Fenomena Embun Beku Juga Terjadi di Gunung Gede Pangrango

Kompas.com - 30/06/2019, 11:22 WIB
Sejumlah pendaki memerlihatkan gumpalan es di atas tenda mereka saat berkemah di Alun-Alun Suryakencana di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat Tangkapan layar video Instagram @mountnesiaSejumlah pendaki memerlihatkan gumpalan es di atas tenda mereka saat berkemah di Alun-Alun Suryakencana di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur, Jawa Barat

CIANJUR, KOMPAS.com – Fenomena frost atau embun yang membeku seperti es melanda kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), Cianjur, Jawa Barat.

Fenomena alam seperti yang terjadi di Dieng, Gunung Bromo dan Gunung Semeru itu sebagaimana dikabarkan sejumlah pendaki lewat media sosial.

Penelusuran Kompas.com di lini masa, fenomena embun membeku di TNGGP itu seperti diunggah akun Instagram @mountnesia dan sebuah akun Facebook bernama Bobojong TNGGP.

Dalam video berdurasi 30 detik yang diunggah @mountnesia memerlihatkan tiga orang pendaki sedang bermain-main dengan embun es yang menutupi atap tenda mereka.

Baca juga: Momen Langka, Embun Beku di Bromo dan Semeru Diburu Wisatawan

Dalam keterangannya, video tersebut diambil Rabu (26/6/2019), berlokasi di Alun-Alun Suryakencana TNGGP.

Sementara tiga buah foto yang diunggah akun Bobojong TNGGP memerlihatkan kondisi rerumputan dan dedaunan yang diselimuti embun es.

Dalam keterangannya, foto yang diunggah Rabu (26/06/2019) itu juga diambil di lokasi Alun-Alun Suryakencana.

Kondisi tersebut diamini seorang pendaki asal Cianjur, Haikal Medina (18). Kendati tak mendapati embun es, namun ia mengaku melihat bekas-bekas embun es yang sudah mencair di rerumputan dan dedaunan di kawasan Alun-Alun Suryakancana.

“Sepertinya sudah mencair, tapi air minum di botol plastik yang saya bawa sempat membeku,” kata Haikal kepada Kompas.com, Minggu (30/6/2019).

“Kondisi cuacanya memang terasa lebih dingin dibanding biasanya. Saya baru turun dua hari lalu,” ucapnya.

Baca juga: Suhu Ekstrem Sebabkan Fenomena Frost Atau Embun Beku di Gunung Bromo dan Semeru

Humas Balai Besar TNGGP Ade Bagja menyebutkan, kondisi cuaca di dalam kawasan TNGGP saat ini sangat dingin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X