Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman Hasil PPDB SMA dan SMK di Provinsi Banten Ditunda

Kompas.com - 29/06/2019, 23:03 WIB
Acep Nazmudin,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Pengumuman hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK di Provinsi Banten mendadak ditunda. Harusnya hasil PPDB diumumkan serentak pada Sabtu (29/6/2019). 

Ditundanya pengumuman hasil PPDB tersebut diketahui setelah beredarnya surat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten yang isinya meminta pengumuman diundur. Surat tersebut dikirimkan ke pihak sekolah. 

"Iya ada surat dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten bahwa untuk pengumuman PPDB SMA/SMK ditunda hingga batas yang belum ditentukan," kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 3 Rangkasbitung, Sakeh, kepada Kompas.com  saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu.

Baca juga: Raut Cemas di SMAN 3 Bandung Jelang Pengumuman PPDB Jabar 2019

Surat tersebut, kata Sakeh, diterima oleh pihak SMAN 3 Rangkasbitung sekitar pukul 14.00 WIB melalui email.  

Tidak dicantumkan alasan spesifik mengapa pengumuman hasil PPDB diminta ditunda. Hanya disebut di awal isi surat karena masih adanya proses penyelesaian secara teknis.  

"Alasannya kami tidak tahu, tapi suratnya ditandatangani langsung oleh Pak Kosasih Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten, memang tidak ada informasi apa-apa," kata dia.  

Menurut Sakeh, data siswa yang lolos seleksi PPDB di SMAN 3 Rangkasbitung sebetulnya sudah siap dipublikasikan dan sudah sesuai dengan aturan seleksi yang diberlakukan. 

Namun lantaran diminta ditunda, pihak sekolah hanya bisa pasrah dan mengikuti aturan seperti yang diminta oleh pihak Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

"Kami masih menunggu, tapi begitu oke, akan langsung diumumkan, karena kami sudah siap pada dasarnya," kata dia. 

Baca juga: Sistem Online PPDB 2019 di Yogyakarta Sempat Error, Siswa Tak Bisa Daftar

Rencana semula, pengumuman akan dilakukan pukul 17.00 WIB melalui website atau ditempel manual di sekolah.  

Pantauan Kompas.com di sejumlah website sekolah SMA di Provinsi Banten belum ada pengumuman hasil PPDB. Sebagai gantinya dipajang surat edaran penundaan pengumuman dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten seperti di Website SMAN 1 Rangkasbitung dan SMAN 1 Serang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com