Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Online PPDB 2019 di Yogyakarta Sempat "Error", Siswa Tak Bisa Daftar

Kompas.com - 29/06/2019, 13:36 WIB
Wijaya Kusuma,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sistem pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, ditemukan error. Akibatnya, calon siswa tidak bisa melakukan pendaftaran secara online.

Kepala Ombudsman Perwakilan DIY, Budhi Masthuri mengatakan, hingga hari ini, sistem PPDB online SMP di Kabupaten Sleman belum  bisa digunakan.

"Sampai pagi ini, sistem online PPDB Sleman masih belum normal," ujar Kepala Ombudsman Perwakilan DIY, Budhi Masthuri, Sabtu (29/6/2019).

Baca juga: Begini Cara Mengakses Pengumuman PPDB Jabar 2019

Budhi menuturkan, sistem PPDB SMP di Kabupaten Sleman diketahui error sejak Jumat (28/6/2019) pukul 08.00 WIB.

Pada petunjuk teknis, setiap siswa bisa memilih tiga sekolah zona 1, tetapi dalam sistem tidak ada pilihan tersebut sehingga siswa hanya bisa memilih satu sekolah saja.

"Sebagian calon siswa yang keluhannya mengalami sistem error tidak bisa mendaftar online. Tapi ada keluhan lainnya yang mengalami masalah di menu sistemnya," ungkapnya.

Setelah menemukan permasalahan tersebut, Ombudsman RI perwakilan DIY langsung menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman untuk meminta penjelasan.

"Sistem sedang diperbaiki dan diperkirakan selesai sore (Jumat sore). Tetapi sampai pagi ini (Sabtu) ternyata masih belum ada perubahan di sistem online-nya," tegasnya.

Baca juga: Pengumuman PPDB Jabar 2019, Siswa yang Tak Lulus Jangan Kecil Hati...

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Sri Wantini menyampaikan, setelah dihubungi oleh Ombudsman RI Perwakilan DIY, pihaknya langsung melakukan pengecekan sistem.

"Kemarin dicek dan langsung diatasi oleh operator. Sebelum jam 12.00 wib, sudah bisa teratasi," ucapnya.

Menurut dia, permasalahan muncul karena profil data calon siswa tidak dimasukkan secara lengkap sehingga tidak terdeteksi oleh sistem.

Kalaupun ada perbedaan data yang dimasukan terkait profil calon siswa, maka operator harus memasukkan ulang data.

"Datanya profil siswa enggak lengkap. Kemarin banyak yang datang ke dinas dan dibantu operator dan sudah selesai. Insya Allah tidak ada masalah, kalau data profil calon siswa itu sesui dengan data yang di sistem," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com