Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Dipastikan Bisa Pulih Lebih Cepat, RSUD Dr Soetomo Ungkap Alasannya

Kompas.com - 28/06/2019, 19:57 WIB
Ghinan Salman,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo menyebut kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah jauh lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Saat ini, Risma masih dirawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Sebelumnya, Kepala Instalasi Rawat Intensif dan Reanimasi RSUD Dr Soetomo dr Hardiono mengungkapkan, Risma diperkirakan akan mendapat perawatan intensif di ruang ICU minimal selama sepekan ke depan.

Namun, menurut Joni, kondisi Risma saat ini terus menunjukkan progres yang sangat baik sehingga bisa pulih lebih cepat.

Baca juga: Terus Membaik, Dokter Perkirakan Risma Bisa Segera Dipulangkan

Joni menyampaikan, yang membuat Risma bisa pulih lebih cepat salah satunya adalah dari parameter darah, jantung, dan semua organ tubuhnya yang menunjukkan perbaikan signifikan.

"Paru-parunya yang kemarin ada masalah sudah pelan-pelan membaik dan pemeriksaan darah juga menunjukkan perbaikan yang signifikan," kata Joni saat ditemui di Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo, Jumat (28/6/2019).

Tak hanya itu, kuman yang berdiam di dalam tubuh Risma sudah dilakukan terapi. Kadar kalsium dan kadar gula dalam tubuhnya juga sudah diperbaiki dan kembali normal.

"Semuanya kita betulkan dalam batas normal ya, alhamdulillah baik," ujar dia.

Hasil diagnosa dokter menyebutkan, Risma mengalami gangguan pernafasan atau asma serta maag. Namun, Joni tidak bisa merinci indikasi penyakit lain yang dimungkinkan dialami Risma.

Ia menyebut, penyakit yang dialami Risma merupakan privasi dan tidak bisa disampaikan secara mendetail.

Namun, ia memastikan penyakit yang dialami Risma sudah membaik serta asma dan lambungnya juga tidak ada masalah berarti. Termasuk paru-paru yang sempat bermasalah juga bisa teratasi setelah ditangani tim medis.

"Semuanya jauh lebih baik, tidak ada masalah, paru-parunya bisa teratasi," imbuhnya.

Saat ditanya kapan Risma bisa keluar dari ICU, Joni menyebut Risma bisa keluar dari ICU apabila alat-alat yang menempel di tubuhnya bisa dilepas total.

Tim dokter RSUD Soetomo, lanjut dia, akan melakukan evaluasi mengenai kondisi Risma yang berangsur membaik untuk melakukan hal-hal yang diperlukan untuk memulihkan kondisi wali kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu.

"Kalau besok (Sabtu, 29/6/2019) kuat 100 persen akan kita lepas bantu pernafasannya. Tinggal perawatan di ruangan mungkin. Kalau (kondisinya) baik, bisa pulang satu dua hari ini," tutur dia.

Baca juga: Wapres Kalla Jenguk Risma di Rumah Sakit Dr Soetomo

Sebelumnya, kesehatan Risma sempat menurun dan dilarikan ke RSUD Dr M Soewandhie pada Selasa (25/6/2019) pagi. Malam harinya, Risma kemudian dipindahkan ke RSUD Dr Soetomo untuk mendapat perawatan super intensif di ruang ICU.

Dari hasil diagnosa dokter yang disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita, Risma mengalami sesak nafas atau asma, maag akut serta kelelahan.

Risma menderita penyakit asma sejak usianya masih remaja atau belum menikah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com