Pasar Tradisional di Bandung, 99 Persen Instalasi Kelistrikannya Bermasalah

Kompas.com - 26/06/2019, 23:53 WIB
Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menunjukkan sambungan listrik tanpa meteran yang berpotensi menjadi penyebab kebakaran di Pasar Sederhana, Rabu (26/6/2019). KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA.Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung menunjukkan sambungan listrik tanpa meteran yang berpotensi menjadi penyebab kebakaran di Pasar Sederhana, Rabu (26/6/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com- Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung melakukan audit ke 9 pasar tradisional di Kota Bandung.

Sembilan pasar tersebut adalah Pasar Sadangserang, Pasar Gedebage, Pasar Gegerkalong, Pasar Ujungberung, Pasar Astanaanyar, Pasar Hegarmanah, Pasar Sederhana, Pasar Dago Simpang dan Pasar Cicaheum.

Audit yang dilakukan oleh Diskar PB adalah untuk menginventarisir sarana dan prasarana dalam mengantisipasi kebakaran di pasar-pasar tradisional.


Selain itu, Diskar PB juga fokus memantau instalasi kelistrikan di kios-kios yang kerap menjadi sumber utama kebakaran pasar tradisional.

Baca juga: Fakta Kebakaran Pasar Manis Ciamis, Hidran Macet, Pedagang Merugi
Seusai melakukan inspeksi di Pasar Sederhana, Rabu (26/6/2019), Diskar PB menyatakan mayoritas instalasi kelistrikan di kios-kios semrawut.

“Hampir di semua pasar tradisional (instalasi kelistrikan) sama. 99 persen bermasalah,” kata Agus Setiana, Inspektur Kebakaran Diskar PB saat ditemui seusai inspeksi, Rabu siang.

Dalam proses audit, Inspektur Kebakaran menemukan masih banyak kios yang melakukan sambungan listrik tanpa meteran.

Selain itu, banyak pula kios yang masih menggunakan kabel yang tidak sesuai peruntukan untuk menyambung listrik.

“Kalau tanpa meteran itu berbahaya. Banyak juga yang menggunakan kabel serabut, padahal itu peruntukannya untuk audio,” ujar Agus.

Masih semerawutnya instalasi kelistrikan di pasar tradisional juga dikatakan oleh Elan Suparno, Kepala Seksi Pemeriksaan dan Pengawasan Gedung dan Bangunan Diskar PB.

Menurut dia, yang harus dibenahi paling utama adalah masih banyak kios yang menggunakan listrik tanpa pengaman berupa meteran. Bahkan, sambungan listrik hanya dibalut dengan isolasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X