Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Risma Dirujuk ke RSUD Dr Soetomo, Ini Alasannya

Kompas.com - 26/06/2019, 15:00 WIB
Ghinan Salman,
Rachmawati

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Setelah sempat dirawat secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr M Soewandhie, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dirujuk ke RSUD dr Soetomo, Selasa (25/6/2019).

Risma dipindahkan dari RSUD dr M Soewandhie ke RSUD dr Soetomo pada pukul 19.15 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya dr Febria Rachmanita mengungkapkan alasan Risma dirujuk ke RSUD dr Soetomo agar mendapatkan perawatan yang lebih baik.

"Karena di sini dokternya lebih banyak, konsultan-konsultannya juga lebih banyak. Sehingga bisa memberikan yang terbaik buat ibu wali kota," kata Febria yang akrab disapa Feny, saat menggelar jumpa pers di Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD dr Soetomo, Rabu (26/6/2019).

Baca juga: Risma Dirawat di Gedung Bedah Pusat Terpadu RSUD Dr Soetomo

Menurut Feny, Risma awalnya diketahui sakit mag dan asma. Ia menyebut, Risma memang memiliki riwayat penyakit asma, bahkan saat usianya masih remaja.

"Ibu memang memiliki penyakit asma sejak lama. Ibu memang kelelahan habis dari luar negeri. Beberapa hari sebelum sakit juga masih membersihkan tugu pahlawan. Jadi mungkin karena kecapekan," ujar dia.

Setelah mendapat perawatan di RSUD dr Soetomo, tutur Feny, kondisi Risma saat ini sudah mulai membaik dan cukup stabil.

Ia mengakui Risma sempat dirawat di ruang intensive care unit (ICU) karena harus mendapatkan perawatan dan pengawasan yang lebih intensif.

Feny tidak bisa memastikan sampai kapan Risma dirawat di rumah sakit dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk observasi.

Baca juga: Wali Kota Risma Dirujuk ke RSUD Dr Soetomo

Saat ini, tim dokter masih melakukan penanganan dan observasi ihwal penyakit yang dialami Risma.

"Harapan kami bisa segera pulih. Kami mohon doanya supaya ibu bisa segera sembuh dan bisa beraktivitas kembali seperti sediakala," ujar dia.

Meski Risma sedang dirawat di ruang ICU, Feny memastikan kondisi Risma cukup stabil.

"Namanya masuk ruang ICU, memang kondisinya menurun. Tapi tidak kritis, sekarang sudah agak membaik. Saat ini memang cukup stabil," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com