Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari ke-6, Pencarian Legenda Persis Solo Ferry Anto Difokuskan ke Pantai Kulon Progo

Kompas.com - 25/06/2019, 17:47 WIB
Markus Yuwono,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian terhadap mantan pemain Persis Solo Ferry Anto Eko Saputro (34), yang terseret ombak di Pantai Baru, Bantul Kamis (20/6/2019).

Tim SAR hingga hari ke-6 masih belum menemukan tanda kemunculan Ferry.

Sekretaris SAR Satlinmas wilayah IV Bantul Nugroho mengatakan, pihaknya sampai saat ini masih melakukan pencarian terhadap Ferry Anto.

Pihaknya melakukan fokus pencarian bergeser ke wilayah Barat yakni wilayah operasi SAR Satlinmas Wilayah V Kulon Progo yakni di sekitar pantai Glagah dan Trisik.

"Saat ini pencarian kita fokuskan ke Barat," katanya saat dihubungi Kompas.com melalui pesan singkat, Selasa (25/6/2019).

Baca juga: Gelombang Tinggi, Pencarian Mantan Pemain Persis Solo yang Hilang di Pantai Menggunakan Drone

Dijelaskannya, hingga saat ini dalam proses pencarian tidak menggunakan kapal, namun fokus pencarian darat. Hal ini lantaran tingginya gelombang yang masih terjadi di perairan selatan Jawa.

"Perahu enggak bisa turun, gelombangnya tinggi terus," ucapnya.

Nugroho mengatakan, untuk pencarian akan dilaksanakan sampai hari ke-7 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pihaknya berharap Ferry segera ditemukan. Adapun unsur yang terlibat diantaranya SAR Satlinmas, Basarnas Yogyakarta, Pos AL Sama, Ditpolair Polda DIY, SAR DIY, dan potensi SAR lainnya. 

"Besok terakhir pencarian," katanya.

Sebelumnya Humas Basarnas Yogyakarta Pipit Eriyanto menambahkan, pencarian akan dilakukan sampai 7 hari, sesuai UU No 29 tahun 2014 tentang pencarian dan pertolongan. Pihaknya bersama SAR gabungan terus berupaya melakukan pencarian terhadap Ferry Anto.

Baca juga: Hari Keempat Pencarian, Legenda Persis Solo Ferry Anto Masih Belum Ditemukan

Terseret ombak besar

Adapun kronologi kejadian. Pada saat kejadian, rombongan berjumlah delapan orang berwisata ke Pantai Baru di Bantul, Kamis (20/6/2019).

Sebanyak empat orang bermain di pinggir pantai yakni Ai, Felicia, Afdhal, dan Shela. Naas tiba-tiba ada ombak besar datang lalu menyeret mereka ke tengah laut.

Kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 10.00 WIB. Melihat keluarganya terseret ombak, Ferry Anto yang saat itu menggendong Freya berusaha menyelamatkan. Dia hanya mampu menyelamatkan Felicia ke pinggir.

Namun kemudian Ferry Anto dan Freya malah ikut tenggelam bersama tiga orang lainnya akibat ikut terseret ombak.

Tim SAR yang tahu kejadian itu langsung memberi pertolongan, tapi hanya tiga korban bisa diselamatkan yakni Ai, Afdhal, dan Shela. Sementara Ferry Anto dan Freya tenggelam. 

Baca juga: Kronologi Hilangnya Legenda Persis Solo, Ferry Anto, di Pantai Bantul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com