Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Kena OTT, Warga Satu Kecamatan Enggan Ikut MTQ

Kompas.com - 25/06/2019, 13:35 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, memastikan diri tidak mengirimkan peserta untuk mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 tahun 2019 yang dipusatkan di Lapangan Bolakaki Meutulang, Kecamatan Panton Reue, Aceh Barat, karena khawatir terkena operasi tangkap tangan (OTT) petugas kepolisian.

Kegiatan MTQ berlangsung mulai 23 hingga 29 Juni. 

"Kami tidak mau ambil risiko, karena pada tahun 2018 lalu, seorang camat di Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat dan seorang bendahara ditangkap polisi karena mengumpulkan uang untuk menyelenggarakan MTQ di tingkat kecamatan," kata Camat Arongan Lambalek, Aceh Barat, Sabirin Sarong kepada Antara, di Meulaboh, Senin (24/6/2019).

Baca juga: Terkait OTT Kepala Kantor Imigrasi Mataram, Ini Pernyataan Ditjen Imigrasi

Menurutnya, karena tidak ingin terjerumus dalam kasus yang sama, pihak kecamatan bersama aparat desa di wilayah itu tidak lagi berani mengumpulkan uang untuk menyelenggarakan kegiatan serupa.

Meski saat ini mantan Camat Arongan Lambalek, Aceh Barat, berinsial SJ sudah tidak lagi ditahan oleh polisi dalam perkara ini. Namun, uang tunai sebesar Rp 38 juta yang dikumpulkan dari sejumlah desa di kecamatan tersebut masih menjadi barang bukti, dan belum dikembalikan ke kecamatan.

Uang yang dikumpulkan pada tahun 2018 lalu masing-masing sebesar Rp 2,5 juta per desa dan baru berhasil dikumpulkan Rp 38 juta. Namun akhirnya ditangkap polisi karena dituduh melakukan pungutan liar oleh camat dan aparat kecamatan.

"Kalau seandainya uang sebesar Rp 38 juta itu sudah dikembalikan polisi, maka kemungkinan kita akan mengirim peserta ke MTQ kabupaten, karena bisa menjaring peserta di tingkat kecamatan," tambah Sabirin Sarong.

Baca juga: Dituding Minta Uang ke Eks Miss Universe Austalia, Ini Penjelasan Imigrasi Bali

Atas ketidak-ikutserta dalam ajang tersebut, ia meminta maaf kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Arongan Lambalek, Aceh Barat dan dipastikan kecamatan tersebut akan ikut pada tahun depan.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) Kecamatan Arongan Lambalek, Kabupaten Aceh Barat, Karmizal mengatakan, pihaknya kecewa karena kecamatan setempat tidak ikut serta dalam MTQ kabupaten yang diselenggarakan pada tahun ini.

Menurutnya, para kepala desa saat ini tidak lagi mau memikirkan kegiatan tersebut karena sudah pernah bermasalah dengan operasi tangkap tangan (OTT), dan tidak sempat lagi menggelar ajang serupa di tingkat kecamatan karena ketiadaan anggaran.

"Kesempatan untuk bikin acara MTQ di kecamatan memang sudah tidak ada lagi, makanya kami tidak terpikir lagi untuk ikut acara tersebut," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com