Di Daerah Ini, Biaya Urus NPWP Bisa Sampai Rp 1 Juta

Kompas.com - 25/06/2019, 09:25 WIB
Perwakilan Kantor Pajak Pratama (KPP) Pratama Tanjungpinang saat membuka pelayanan di kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa waktu lalu. Pemerintah Daerah melalui OPD terkait melakukan pertemuan dengan Ombudsman perwakilan Kepri di bulan Mei 2019 kemarin. Salahsatu yang dibahas mahalnya pengurusan NPWP karena mempertimbangkan ongkos transportasi dan akomodasi selama proses pengurusan. TribunPerwakilan Kantor Pajak Pratama (KPP) Pratama Tanjungpinang saat membuka pelayanan di kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa waktu lalu. Pemerintah Daerah melalui OPD terkait melakukan pertemuan dengan Ombudsman perwakilan Kepri di bulan Mei 2019 kemarin. Salahsatu yang dibahas mahalnya pengurusan NPWP karena mempertimbangkan ongkos transportasi dan akomodasi selama proses pengurusan.

KOMPAS.com - Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas Yuniza mengatakan, pihak Ombudsman perwakilan Kepri tercengang mendengar fakta tentang biaya yang dikeluarkan warga yang hendak membuat Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP).

Warga bisa mengeluarkan biaya hingga Rp 1 juta untuk mengurus NPWP.

Biaya mahal itu dikeluarkan untuk ongkos transportasi dan akomodasi warga Anambas untuk datang mengurus ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama di Tanjungpinang.

Baca juga: Viral Dugaan Pungli Polantas, Ini Kata Kasat Lantas Polrestabes Medan

Hingga kini belum ada kantor perwakilan ‎pelayanan pajak di Anambas, meski perwakilan dari KPP Pratama Tanjungpinang secara rutin bergantian datang setiap bulannya.

"Pertemuannya sekitar bulan Mei kemarin. Perwakilan Ombudsman yang menyambut kami pun terkejut. Orang mau buat NPWP memang tidak dipungut biaya, tetapi di Anambas beda. Salah-salah bisa jutaan rupiah. Karena kantor perwakilan KPP Pratama tidak ada di Anambas, sehingga harus mengurus setidaknya ke Tanjungpinang. Ongkos transportasi naik pesawat atau feri belum lagi menginap dan makan minum harus menjadi pertimbangan. Iya kalau selesai dalam satu hari," ujar Yunizar, Minggu (23/6/2019).

Baca juga: 2 Orang Pelaku Pungli di Lokasi Jembatan Mesuji Dibekuk Polisi

Perwakilan Ombudsman pun berjanji akan menyurati pihak terkait mengenai keluhan yang disampaikan itu.

Dalam pertemuan itu, perwakilan Ombudsman Kepri juga melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah tempat pelayanan publik di Anambas, salah satunya kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Kepulauan Anambas. 

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul: Temuan Ombusdman, di Anambas, Biaya Pengurusan NPWP Bisa Jutaan Rupiah

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X