Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar PPDB, Ratusan Orangtua Siswa Rela Berjubel Antre dari Subuh

Kompas.com - 24/06/2019, 14:47 WIB
Hendra Cipta,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PONTIANAK, KOMPAS.com - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara daring di SMA Negeri 3 Kota Pontianak, Kalimantan Barat, membludak, Senin (24/6/2019).

Bahkan, ratusan calon orangtua siswa rela antre dari subuh untuk dapat mengisi data diri agar masuk dalam urutan penerimaan sekolah yang menerapkan sistem zonasi tersebut.

Kepala SMA 3 Kota Pontianak, Wartono mengatakan, PDPB digelar selama tiga hari, dari Senin (24/6/2019) sampai Rabu (26/6/2019). Sementara, untuk pengumuman siswa diterima pada Jumat (28/6/2019).

Baca juga: Dalam PPDB Sistem Zonasi, Nilai Siswa Tetap Diperhitungkan

"Antusiasme masyarakat mendaftarkan anaknya cukup tinggi. Kami buka pendaftaran pada pukul 08.00 WIB, tapi ada yang datang dari pukul 05.00 WIB," kata Wartono, Senin siang.

Untuk menertibkan calon orangtua siswa yang antre, sekolah menyediakan sejumlah ruang kelas untuk memecah calon peserta dalam mengisi formulir pendaftaran.

"Kuota penerimaan siswa baru SMA Negeri 3 Pontianak tahun ini sebanyak 307 siswa," ucap dia.

SMA Negeri 3 Pontianak menerapkan sistem zonasi berkeadilan. Zonasi ini merupakan kebijakan pemerintah pusat, di mana 90 persen untuk zonasi wilayah, kemudian lima persen prestasi akademik non-akademik, lima persen perpindahan orangtua.

Satu di antara orangtua siswa, Mariana mengaku, tidak mempermasalahkan antre dari subuh untuk masuk ke sekolah.

Baca juga: Mendikbud: Ada Masyarakat yang Pura-pura Belum Tersosialisasi PPDB Sistem Zonasi

Namun, dia menilai, penerapan sistem zonasi tidak tepat. Menurut dia, pemerintah harus merivisi kebijakan tersebut, agar juga menampung aspirasi dari para orangtua yang ingin anaknya sekolah di sekolah favorit.

"Rasanya tidak adil, karena bisa saja anak yang nilainya lebih tinggi bisa kalah sama anak yang nilainya rendah, hanya karena jarak rumahnya lebih jauh," kata Mariana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com