ASN di Jabar Diminta Gunakan Bandara Kertajati untuk Perjalanan Dinas

Kompas.com - 24/06/2019, 14:29 WIB
Suasana Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang lengang di Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (15/6/2019). PT BIJB menyatakan pemindahan 12 rute penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang seharusnya pada tanggal 15 Juni 2019 dibatalkan karena adanya masalah administrasi. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras. ANTARA FOTO/Dedhez AnggaraSuasana Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang lengang di Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (15/6/2019). PT BIJB menyatakan pemindahan 12 rute penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) yang seharusnya pada tanggal 15 Juni 2019 dibatalkan karena adanya masalah administrasi. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/pras.


BANDUNG, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa meminta para aparatur sipil negara ( ASN) untuk membantu optimalisasi aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Ia mengimbau para ASN untuk terbang dari bandara tersebut jika melakukan perjalanan dinas.

"Untuk semua aparatur termasuk di dalamnya DPRD apabila perjalanan dinas di sekitar Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan) supaya efisien dan efektif itu harus dari Bandara Kertajati," kata Iwa, di Bandung, Senin (24/6/2019).

Baca juga: Masa Transisi, Besaran Airport Tax Bandara Kertajati Mengikuti Bandara Husein

Iwa mengungkapkan, sebelumnya ia telah mengeluarkan surat edaran kepada lima kepala daerah di wilayah Ciayumajakuning untuk mendukung operasional penerbangan di Bandara Kertajati.

Kini, kata Iwa, surat edaran itu sudah dikirimkan untuk 22 kepala daerah tingkat kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

"Surat edaran ini juga termasuk ASN dari 22 provinsi di luar Ciayumajakuning. Jadi, kalau memungkinan itu lebih cepat diharapkan supaya menggunakan penerbangan dari Kertajati. Ini bentuk dukungan tertulis juga kami sampaikan kepada masyarakat dan ASN untuk menggunakan Bandara Kertajati," tutur Iwa.

Seperti diketahui, 56 penerbangan domestik Bandara Husein Sastranegara Bandung dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka mulai 1 Juli 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ke-56 penerbangan domestik yang pindah ke BIJB Kertajati merupakan pesawat berjenis jet.

Baca juga: Ongkos Damri ke Bandara Kertajati Gratis Selama Sebulan, Ini Ketentuannya

 

Sedangkan, penerbangan pesawat berjenis propeler atau pesawat baling-baling dan penerbangan internasional tetap di Bandara Husein Sastranegara.

"Kami rencanakan paling lambat 1 Juli 2019 karena bertahap ada yang tanggal 20 Juli dan 23 juli. Jadi, ada 56 penerbangan yang pindah dari Husein ke Kertajati," katanya saat mengecek kesiapan Bandara Kertajati, Selasa (18/6/2019) lalu.

Penerbangan domestik yang pindah ke Kertajati antara lain penerbangan dengan tujuan Banjarmasin, Batam, Bali, Medan, Pekanbaru, Pontianak, Ujung Pandang dengan maskapai Garuda, Lion, Sriwijaya, Nam Air, Wings, Air Asia, dan Citilink. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X