Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulat Bulu Serang Pasuruan, Masuk Rumah hingga Jumlahnya Bisa Seember

Kompas.com - 24/06/2019, 12:45 WIB
Caroline Damanik

Editor

PASURUAN, KOMPAS.com - Wabah ulat bulu menyerang permukiman warga di tiga desa di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, sejak dua bulan terakhir. Ketiga desa itu adalah Desa Capang, Gajahrejo, dan Pucangsari.

Hingga sekarang, belum diketahui jelas dari mana ulat bulu ini berasal. Namun, keberadaan ulat bulu ini mengganggu dan meresahkan warga.

Kondisi paling parah terjadi di Dusun Semambung, Desa Capang. Saat momen Idul Fitri lalu, banyak keluarga dari warga setempat yang akhirnya mengurungkan niat untuk lama-lama tinggal di sini.

Baca juga: Yuli, Gadis Cantik yang Hobi Bermain Ulat Bulu dan Kalajengking

Serangan ulat sampai masuk ke rumah, mulai dari atap, teras, tembok dan bagian-bagian lainnya. Ini merupakan serangan ulat bulu yang paling parah dari serangan ulat bulu sebelumnya.

"Meski ulat bulu ini fenomena tahunan, yang kali ini makin parah. Jumlahnya semakin banyak," kata Abdul Basyir, Kepala Dusun Semambung, Desa Capang, Jumat (21/6/2019) siang.

Dia menuturkan, warga sangat terganggu dengan serangan ulat bulu tahun ini. Banyak warga yang akhirnya meninggalkan pekerjaannya sejenak hanya untuk mengurus ulat bulu ini.

"(Dalam) sehari, warga bisa panen ulat bulu satu ember. Dulu mungkin jumlahnya hanya satuan alias bisa dihitung. Kalau sekarang, dalam sekali pembersihan, bisa satu ember mengumpulkan ulat bulu," ungkapnya.

Baca juga: Pria di Bandung Tewas Dililit Ular Sanca Peliharaannya Seberat 17 Kg

Basyir mengakui bahwa ulat bulu ini memang tidak membahayakan, tidak membuat gatal atau alergi lainnya. Namun, bagi warga setempat kehadiran ulat bulu yang sangat banyak ini sangat meresahkan.

"Saya sebenarnya tidak takut terkena ulat bulu ini, tidak gatal. Cuma, saya capek membersihkannya. Saya berharap ada bantuan dari manapun untuk menghentikan serangan ulat bulu. Itu saja," kata Achmad, salah satu warga setempat.

 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul 3 Desa di Pasuruan 'Diserang' Ulat Bulu, Sehari Bisa 1 Ember 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com