Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Kirim 15 Atlet Muaythai Ikut Kejurnas di Bogor

Kompas.com - 24/06/2019, 08:51 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TIMIKA, KOMPAS.com - Sebanyak 15 atlet Muaythai Provinsi Papua bersiap mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) VII dan Liga Nasional (Liganas) Seri X Muaythai 2019.

Kejurnas akan berlangsung di Hotel Rizen Kedaton Bogor, Provinsi Jawa Barat, mulai 25-30 Juni 2019.

Dari 15 atlet, 8 di antaranya asal Kabupaten Mimika, di mana 6 atlet telah masuk traning camp (TC) untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX bersama 7 atlet lainnya asal Kabupaten Sarmi dan Kota Jayapura.

Sedangkan 2 atlet Mimika yakni Kurniawan Patty dan Fitria Suoth berasal dari Goldy Heart Muaythai Camp. Dalam mengikuti Kejurnas, keduanya merupakan utusan dari KONI Mimika.

Baca juga: Jalan Trans-Papua Barat yang Rusak Mulai Diperbaiki

Untuk mengikuti Kejurnas ini, 15 atlet akan bertolak ke Bogor, pada Senin (24/6/2019). 13 atlet melalui Bandara Sentani Kabupaten Jayapura. Sedangkan 2 atlet bertolak dari Bandara Mozes Kilangin Timika.

Atlet asal Mimika ini nantinya akan bertanding di kelas under 45 kg hingga under 60 kg.

Kelas under 45 kg senior putri diikuti oleh Fitria Suoth (20). Sementara, senior putra diikuti Salmri Pattisamallo (25), dan Kurniawan Patty (20).

Untuk kelas under 48 kg senior putra diikuti Ardi Watania (21), kelas under 57 kg senior putra diikuti Jekson Karmela (21), dan kelas under 60 kg senior putra diikuti Greg Pinontoan (21).

Sedangkan, di kelas under 51 junior putra diikuti Alan Alfayed (17), dan kelas under 54 junior putra diikuti Atillah (17).

"Untuk atlet Mimika di kategori junior diikuti 2 atlet, dan senior 6 atlet. Untuk atlet putrinya hanya 1 orang yaitu Fitria Suoth," kata pelatih Muaythai Mimika, Jones Ayorbaba, kepada Kompas.com, Minggu (23/6/2019) malam.

Kejurnas ini sekaligus menjaring atlet masuk dalam TC terpusat menghadapi Sea Games 2019 di Philipina pada 30 November-11 Desember. Selain itu, sebagai ajang uji tanding menjelang PON XX, tahun 2020 di Papua.

Atlet Mimika sendiri telah mengikuti TC sejak September 2018 lalu di Timika. Bahkan, pada Februari 2019, 6 atlet telah bergabung mengikuti TC PON di Jayapura bersama atlet dari kabupaten/kota lainnya.

Menurut Jones, ada 1 atlet Mimika lagi yang akan bergabung dalam TC PON yaitu Rahmat Risal Gozali. Namun, yang bersangkutan sedang mengikuti pendidikan Paskhas TNI AU di Bandung.

"Ada 1 atlet lagi yang akan kami masukan ke tim TC PON, dan sudah lulus seleksi dari Pengprov," ujar Jones, yang juga pelatih Muaythai Papua.

Pelatih Muaythai Jones Ayorbaba dan asisten pelatih dan perlengkapan Saporeri Wambrau asal Mimika ini sebelumnya telah dipanggil pengurus provinsi untuk membantu persiapan Muaythai Papua dalam menghadapi PON XX.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com