Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disnaker NTB Sebut Ada TKW asal Lombok Tengah Tewas Akibat Kebakaran di Saudi

Kompas.com - 22/06/2019, 20:39 WIB
Idham Khalid,
Krisiandi

Tim Redaksi

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nusa Tenggara Barat Agus Patria mengungkapkan, ada tenaga kerja wanita (TKW) asal Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang meninggal akibat kebakaran di mes di Arab Saudi, Jumat (21/6/2019).

Agus mengaku mendapatkan informasi tersebut dari Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) ada korban jiwa TKW asal NTB di Arab Saudi Saudi.

“Memang benar ada kejadian, kami baru dapat informasi dari BP3TKI bahwa ada warga asal Lombok meninggal di Arab Saudi diduga akibat kebakaran” Ungkap Agus saat dikonformasi melalui sambungan telpon, Sabtu (22/6/2019)

Agus mengaku, belum mengetahui detail kejadian tersebut. Hingga kini Disnaker sedang menunggu jawaban balik dari BP3TKI yang sedang melakukan penanganan terhadap kasus meninggalnya TKW tersebut.

“Kami hanya dapat laporan ada TKW yang meninggal, saat ini sedang menunggu informasi dari BP3TKI, karena mereka yang akan menelusuri kejadian ini, nanti bagaimana teknis penangannya akan di informasi balik, yang jelas penangannya sudah di pihak kedutaan” Terang dia.

Sementara itu, anggota Pos Tenaga Kerja (Posnaker) Kelurahan Renteng, Lombok Tengah, menyebutkan, jumlah TKW yang meninggal akibat kebakaran di mes kerjanya sebanyak empat orang.

Baca juga: Minta Dipulangkan, TKW Asal Bima Malah Disiksa Agennya Sendiri

“Informasi yang kami dapat, jumlahnya ada empat korban, dua di antaranya warga Kelurahan Renteng Lombok Tengah yang ada disini yaitu Kaini dan Ida Royani,” Ungkap Nasrullah saat ditemui dirumah salah satu korban yang berada di Lingkungan Wakul, Kelurahan Renteng. Sabtu (22/6/2019).

“Dua korban lainnya asal Desa Jago dan Desa Lajut, identitasnya saya tidak tahu“ karena bukan wilayah kerja saya,” Imbuh dia.

Dia menerangkan, kematian empat TKW tersebut akibat terjebak kebakaran di dalam mes yang diduga akibat korsleting AC.

“Informasi yang kami dapatkan itu mereka sedang asyik tiduran dan AC meledak, kemudaian terjadilah kebakaran” Tutur dia. 

Kompas TV Seorang tenaga kerja wanita #TKW asal kabupaten #Cirebon diduga disekap keluarga majikannya di #ArabSaudi, pihak keluarga baru mendapatkan informasi penyekapan itu pada awal Maret lalu melalui media sosial. Samsudin tak henti memikirkan nasib istrinya Turini Fatma bin Madsari yang bekerja di Riyadh Arab Saudi. Samsudin bersama kedua anaknya pun berusaha memulangkan Turini ke kampung halaman di desa Dawuan kecamatan Plered, kabupaten Cirebon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com