Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Langkat: Pabrik Korek Api Terbakar, 26 Pekerja dan 4 Anak Tewas Terpanggang

Kompas.com - 21/06/2019, 17:08 WIB
Aprillia Ika

Editor

KOMPAS.com - Kasubdit Bencana BPBD Langkat Sugiono mengatakan ada 30 orang meninggal dalam peristiwa terbakarnya pabrik korek api (mancis) di Jalan Tengku Amir Hamzah, Desa Sambirejo, Binjai, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (21/6/2019).

Dari 30 korban tersebut, sebanyak 26 orang merupakan pekerja pabrik sementara empat lainnya adalah korban anak, yakni anak-anak pekerja pabrik tersebut.

Sementara informasi terbaru yang dihimpun Tribun Medan, setidaknya 20 orang yang bekerja sebagai buruh pabrik mancis tewas terpanggang.

"Ya, mereka semua terjebak di dalam ruangan. Jalan keluar enggak ada, mereka diduga terkunci," kata Kapolres Binjai, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, seperti dikutip dari Tribun Medan.

Pantauan Tribun Medan dari lokaksi kebakaran, sekitar sepuluh jenazah menumpuk di dalam satu ruangan. Ada jenazah laki-laki dan wanita tertumpuk di sudut sisi ruangan.

Baca juga: 30 Orang Tewas dalam Kebakaran Pabrik Korek Api, Ini Cerita Korban Selamat

Selain itu, ada beberapa jenazah yang ditemukan di ruangan seperti kamar-kamar lainnya, ruang utama gedung pabrik.

"Itu yang dalam satu kamar ada sepuluh jenazah, di lokasi lain ada sekitar 10 lagi, ada di dapur. Mungkin sampai 20 orang korbannya," kata petugas Damkar yang sedang mengevakuasi jenazah dan memberi laporan kepada atasannya.

Dugaan adanya korban empat anak diungkapkan oleh salah satu korban selamat, yakni Pipit (29).

Dia bersama tiga rekannya Ayu Anita Sari (29), Ariyani (30), Nurasiyah (24) selamat karena sedang keluar pabrik untuk makan siang. Keempatnya merupakan warga Dusun II Sambirejo, Binjai Utara.

Menurut Pipit, kebakaran dimulai dengan suara ledakan, lantas diikuti api yang berkobar hebat.

"Kawanku, kawanku, semua habis. Mana semua kawanku itu di dalam? Semua kawanku habis," katanya dengan berderai air mata.

Baca juga: Pabrik Korek Api Terbakar, Puluhan Jenazah Menumpuk di Satu Ruangan

"Aku pikir tiga kawan ini masih di dalam. Semua habis kawanku. Cuma berempat kami yang selamat. Tadi keluar dari pintu belakang, kami mau makan siang," kata perempuan yang telah bekerja selama delapan tahun di pabrik mancis itu.

Ia juga menduga ada empat anak kecil yang menjadi korban. Anak-anak ini dibawa oleh orangtuanya bekerja.

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Pabrik Korek Api Mancis Terbakar, 30 Orang Tewas Terpanggang di Antaranya 26 Dewasa dan 4 Anak Kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com