Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tiba-tiba Bersihkan Pasar, Para Pedagang Heran

Kompas.com - 20/06/2019, 17:56 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Aktivitas di Pasar Tumenggungan, Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (20/6/2019) pagi belum usai. Sementara puluhan personel polisi mulai berdatangan ke lokasi.

Tak seperti hari biasanya, ratusan polisi berseragam lengkap dari Polres Kebumen itu menggelar apel pagi di halaman pasar tradisional tersebut.

Pemandangan tak lazim itu membuat para pedagang dan pengunjung pasar bertanya-tanya. Mereka semakin terheran-heran ketika ratusan polisi tersebut membersihkan seluruh kompleks pasar.

Begitu aktivitas pasar mulai sepi, para personel polisi tanpa canggung memunguti sayuran yang tersisa dan tercecer di lantai. Sementara, polisi yang lain dengan sigap menyapu sampah-sampah kering di kompleks pasar.

Baca juga: SIM Gratis bagi Warga Bernama Juli atau Lahir 1 Juli

Kasubbag Humas Polres Kebumen Kompol Suparno mengatakan, kegiatan kerja bakti bersih-bersih pasar tersebut digelar dalam rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-73 Bhayangkara.

"Kerja bakti ini digelar di seluruh jajaran Polres di bawah Polda Jateng. Termasuk Polres Kebumen, hari ini kerja bakti di Pasar Kebumen. Sampah-sampah sisa pasar pagi, kita bersihkan bersama," kata Suparno melalui keterangan tertulis, Kamis.

Suparno mengatakan, tidak membutuhkan waktu yang lama, kerja bakti yang digelar dari pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB menyulap pasar menjadi lebih bersih dan sehat.

Menurut Suparno, kegiatan tersebut juga melibatkan instansi terkait, yakni UPTD Pasar Tumenggungan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag).

Baca juga: Tiga Jenazah Kelompok MIT Tiba di RS Bhayangkara Polda Sulteng

Sementara itu, Hartoyo, salah satu pengunjung pasar mengaku senang dengan hadirnya puluhan polisi yang tanpa canggung menyapu pasar.

"Jadi bersih, yang nyapu banyak, jadi cepat selesai. Sering-sering saja kerja bakti di pasar," kata Hartoyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com