Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobilnya Dikerumuni Seusai Pulang Kondangan, Jokowi Pun Turun dari Mobil

Kompas.com - 20/06/2019, 15:00 WIB
Achmad Faizal,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo menghadiri acara pernikahan putri Rais Aam PBNU, KH Miftahul Akhyar, di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (20/6/2019). 

Tidak hanya menjadi saksi dalam akad nikah yang digelar sekitar pukul 10.00 WIB di Pondok Pesantren Miftahussunnah, Surabaya, itu, Jokowi juga hadir dalam acara resepsi yang digelar di tempat yang sama.

Jokowi menjadi saksi pernikahan Muktafiyah Bikanafillah yang menikah dengan pasangannya, Muhammad Ismail Al Ascoli, cicit dari ulama tersohor asal Bangkalan, KH Kholil, bersama calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin.

Baca juga: Jokowi-Maruf Jadi Saksi Akad Nikah di Surabaya

Seusai mengikuti akad nikah dan acara resepsi yang berlangsung sekitar satu jam itu, rombongan Jokowi meninggalkan lokasi.

Belum jauh dari lokasi, Jokowi sempat turun dari mobil untuk menyalami warga yang berkerumun menyambutnya. Jokowi sengaja turun dan melayani permintaan foto bersama dari warga.

Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Gedung Olahraga Tri Dharma Kabupaten Gresik untuk menghadiri acara pemberian sertifikat tanah kepada warga Gresik.

Sebelumnya diberitakan, dalam acara tersebut, Jokowi hadir bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Turut serta sejumlah pejabat negara, seperti Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

 

Dalam prosesi akad nikah, KH Miftahul Akhyar sendiri yang bertindak sebagai wali nikah, sementara khotbah nikah dibacakan Habib Hasan bin Muhammad Assegaf, dan rangkaian doa dibacakan oleh KH Ali Masyhuri, KH Anwar Mansyur, dan KH Ubaidillah Faqih.

Setelah acara prosesi akad nikah, acara resepsi pernikahan digelar. Ma'ruf didaulat sebagai pembaca sambutan dengan tema pernikahan dan kehidupan berumah tangga.

Lokasi resepsi digelar di kompleks pesantren yang diasuh oleh KH Miftahul. Hanya undangan yang diperbolehkan masuk dalam lokasi resepsi di kawasan padat penduduk tersebut. 

Kedatangan Jokowi membuat warga dan para undangan heboh. Mereka antusias ingin mengabadikan momen dengan memotret para tokoh nasional yang hadir meski dari jarak jauh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com