Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Temukan Bayi Depan Rumah, Dibawa ke Puskesmas dan Polisi Ternyata Cucu Sendiri

Kompas.com - 20/06/2019, 12:03 WIB
Ari Himawan Sarono,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


PEKALONGAN, KOMPAS.com - Sesosok bayi laki-laki yang baru lahir ditemukan wanita bernama SR (40), warga Desa Dororejo, Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (18/6/2019) malam. SR menemukan bayi mungil tersebut tepat di bangku di depan rumahnya.

Saat ditemukan, bayi laki-laki hanya terbungkus kain dan kedinginan. Mengetahui adanya bayi yang menangis, SR akhirnya melaporkan temuannya ke RT setempat dan Polsek Doro.

Baca juga: Terjatuh ke Ember Berisi Cairan Asam, Bayi 6 Bulan Meninggal Dunia

"Bayi sempat mendapat perawatan di Puskesmas. Jadi, sekitar habis Isya antara jam 19.30 WIB, SR mendengar suara yang tadinya dikira suara kucing ternyata kok lama-lama terdengar jelas suara bayi. Kemudian dicari di sekitar rumahnya itu ternyata ada bayi yang diletakkan di kursi depan rumah. Karena SR takut, akhirnya lapor RT dan dibawa ke puskesmas," kata Kapolsek Doro AKP Aries Tri Hartanto, Kamis (20/6/2019).

Adanya temuan bayi tersebut pihak Polsek langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan penyelidikan.

Polisi sempat kebingungan siapa orangtua bayi tersebut. Namun, dari saksi-saksi yang dihadirkan polisi, akhirnya diketahui bayi yang ditemukan merupakan cucu dari SR.

"Setelah kami lakukan penyelidikan dengan meminta keterangan saksi-saksi termasuk bidan yang menangani ternyata bayi tersebut adalah cucu SR sendiri. Anaknya G selama ini merahasiakan kehamilannya hingga melahirkan," tambah Aries.

Baca juga: Penemuan Jasad Bayi Laki-laki di Bantaran Sungai Deli Gegerkan Warga

Menurut Aries, dari keterangan G sang ibu bayi, dirinya sengaja meletakkan buah hatinya di depan rumahnya sendiri dengan harapan neneknya bisa mengadopsi dan G tetap bisa memelihara.

Tetapi, harapannya salah sang nenek SR malah membawa ke puskemas dan menyerahkan ke polisi.

"Karena sudah diketahui siapa ibu dan keluarganya bayi kita serahkan. Sementara keluarga bayi mengaku akan segera menikahkan G dengan lelaki yang menghamili," tutup kapolsek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com