Gubernur NTT Optimistis Miras Sophia Bisa Bersaing dengan Miras Kelas Atas

Kompas.com - 19/06/2019, 21:00 WIB
Minuman keras (Miras) Sophia yang diproduksi oleh Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, NTT, Rabu (19/6/2019)KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE Minuman keras (Miras) Sophia yang diproduksi oleh Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, NTT, Rabu (19/6/2019)

KUPANG, KOMPAS.com - Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur ( NTT), resmi meluncurkan minuman tradisional Sophia (Sopi asli) di UPT Laboratorium Riset Terpadu Biosain Undana, Rabu (19/6/2019).

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat yang ikut hadir dalam peluncuran miras Sophia, langsung memuji kualitas minuman lokal khas NTT itu.

"Kita bersyukur dan berterima kasih kepada Undana, karena mereka mampu membuat riset yang bagus dan menghasilkan Sophia yang enak," ucap Viktor.

"Sehingga minuman sopi yang dulunya dianggap minuman kelas bawah, hari ini menurut pendapat saya minuman ini bisa bersaing dengan minuman alkohol kelas atas lainnya."


Baca juga: Universitas Nusa Cendana Kupang Produksi Miras Tradisional Sophia

Pemerintah NTT kata Viktor, akan menyiapkan regulasi, sehingga tata niaga minuman Sophia diatur agar berjalan dengan baik.

Sophia ini lanjut Viktor, menjadi awal yang baik untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang selama ini memproduksi minuman keras lokal yang dikenal dengan Sopi.

Viktor mengatakan, masyarakat tetap bekerja memproduksi minuman Sopi seperti biasa, karena akan menjadi pemasok utama bahan baku untuk diproduksi Sophia melalui pabrik.

"Kan ini pasokannya dari mereka (masyarakat) lalu kita ambil untuk diteliti di Undana dan menghasilkan Sophia," katanya.

Viktor pun berharap, ke depannya Sophia bisa terus eksis dan pengusaha yang akan tentukan harganya.

Baca juga: Bupati Bogor Marah Temukan Botol Miras Sitaan Kosong di Kantor Satpol PP

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X