Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Yahukimo Papua Cek Kabar 13 Warga Meninggal di Distrik Bomela

Kompas.com - 19/06/2019, 14:57 WIB
Dhias Suwandi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Sebanyak 13 warga di Distrik Bomela, Kabupaten Yahukimo, Papua, dikabarkan meninggal karena sakit yang tidak tertangani.

Untuk memastikan kabar tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo sudah menurunkan tim yang juga membawa obat-obatan, untuk memastikan kebenaran kabar tersebut.

"Tadi pagi tim sudah terbang ke Bomela. Di situ sudah ada tenaga medis, dokter dan juga obat-obatan," ujar Bupati Yahukimo Abok Busup kepada Kompas.com melalui telepon, Rabu (19/06/2019).

Tugas dari tim tersebut, terang Abok, adalah untuk memastikan apakah benar ada 13 warga yang meninggal, lalu jenis penyakit dan waktu kematiannya.

Baca juga: Komisioner KPUD Sempat Menghilang di Jayapura, Hasil Pemilu di Yahukimo Direkapitulasi Ulang

Menurut dia, bisa saja benar ada banyak warga yang meninggal, tetapi kemungkinan waktu kematiannya sudah berbulan-bulan.

Namun untuk mendapat konfirmasi tersebut, ia menyebut perlu waktu cukup panjang karena lokasi yang harus didatangi tersebar di beberapa kampung yang jaraknya sangat jauh.

Untuk menuju Distrik Bomela, tim dari pemkab Yahukimo yang berada di Distrik Dekai, ibu kota kabupaten, harus menggunakan pesawat berbadan kecil.

"Untuk menuju kampung-kampung tersebut harus jalan kaki lebih dari satu hari. Di sana belum ada akses jalan untuk kendaraan," katanya.

Selain itu, di Distrik Bomela belum terdapat jaringan telekomunikasi dan hanya ada radio single side band (SSB).

"Nanti ada tim yang kembali ke Distrik Dekai dan juga melaporkan lewat SSB. Mungkin sekitar 3 hari baru kita bisa dapat konfirmasinya," tuturnya.

Abok membantah di Distrik Bomela tidak ada tenaga medis karena di lokasi tersebut terdapat puskesmas.

Baca juga: Dipicu Kecelakaan Motor, Perang Suku Pecah di Yahukimo, 2 Orang Tewas

Ia juga menyayangkan munculnya pemberitaan di media daring mengenai kabar tersebut tanpa adanya upaya konfirmas ke Pemkab Yahukimo.

Dari informasi yang disampaikan sebuah media daring, 13 warga Distrik Bomela yang meninggal tersebar di 3 kampung, yaitu Kampung Kitikini, kubiyalar dan Balamdua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com