2 Napi Serahkan Diri, 53 Penghuni Rutan Lhoksukon Masih Diburu

Kompas.com - 19/06/2019, 12:35 WIB
Sinar Muda Siregar (23) warga Desa Gelanggang Baro, Kecamatan Lapang, Aceh Utara menyerahkan diri ke Polres Bener Meriah, Aceh, Selasa (18/6/2019) malam Polres Aceh UtaraSinar Muda Siregar (23) warga Desa Gelanggang Baro, Kecamatan Lapang, Aceh Utara menyerahkan diri ke Polres Bener Meriah, Aceh, Selasa (18/6/2019) malam

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Sebanyak dua narapidana yang kabur dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Lhoksukon menyerahkan diri ke dua polres berbeda, yaitu Polres Aceh Utara dan Polres Bener Meriah, Selasa (18/8/2019) malam.

Kedua napi tersebut yaitu Abdu Hamid (50), warga Desa Panton Labu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, terpidana kasus narkoba menyerahkan diri didampingi keluarga ke Polres Aceh Utara.

Berikutnya, Sinar Muda Siregar (23), warga Desa Gelanggang Baro, Kecamatan Lapang, Aceh Utara, menyerahkan diri ke Polres Bener Meriah.

“Abdu Hamid ini kasus narkoba delapan tahun penjara. Dia mengaku ikut-ikutan kabur karena spontan saat rusuh di Rutan Lhoksukon, tiga hari lalu,” kata Kasat Reskrim Polres Aceh Utara, Iptu Rezki Kholiddiansyah, Rabu (19/6/2019) lewat keterangan tertulis diterima Kompas.com.

Baca juga: Napi Kabur dari Rutan Lhoksukon Ditemukan Tewas di Sungai

Dia menyebutkan, dengan menyerahnya dua orang narapidana itu, maka 30 dari 73 narapidana yang kabur telah ditemukan. Satu di antaranya ditemukan tewas di Sungai Lhoksukon, Aceh Utara.

“Kami imbau berkali-kali untuk menyerahkan diri. Karena jika tidak maka akan tetap diburu sampai kapan pun, bahkan akan dilakukan tindakan tegas jika melakukan perlawanan,” imbau Iptu Rezki.

Sebelumnya, narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Lhoksukon, di Desa Kampung Baru, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (16/6/2019) dilaporkan rusuh.

Narapidana bahkan menjebol jendela rumah tahanan itu. Sebanyak 73 narapidana melarikan diri.

Baca juga: Kelebihan Kapasitas Diduga Picu Kerusuhan Rutan Lhoksukon

 

Puluhan polisi dan sipir berusaha menangkap narapidana yang lari ke arah pemukiman padat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X