Seorang Nelayan di Pulau Buru Hilang Saat Melaut

Kompas.com - 18/06/2019, 17:04 WIB
Ilustrasi Nelayan KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT Ilustrasi Nelayan

AMBON, KOMPAS.com - Seorang nelayan di Pulau Buru, Maluku dilaporkan hilang saat pergi melaut dengan sebuah longboat di perairan Desa Jikumerasa, Namlea, Kabupaten Buru.

Nelayan yang diketahui bernama Arifin Bugis (33) dilaporkan pergi melaut sejak Senin (17/6/2019) namun hingga kini belum juga kembali.

“Kami menerima informasi adanya nelayan hilang oleh pihak keluarga saat melaut pada Selasa hari ini,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin kepada wartawan, Selasa (18/6/2019).

Baca juga: Nelayan Hilang di Halmahera, Pencarian Diperluas hingga Perairan Raja Ampat

Muslimin mengatakan, setelah mendapatkan informasi tersebut, tim SAR Pos Namlea bersama personel Polair langsung dikerahkan untuk melakukan pencarian di perairan yang diduga menjadi lokasi tempat korban melaut.

Adapun lokasi hilangnya longboat tersebut diduga berada pada koordinat 02° 55.595" S-127° 15.609" E.

“Tim bergerak bersama keluarga sekira pukul 10.45 WIT dengan menggunakan kapal Polair dan juga perahu cepat milik Tim SAR,” ujarnya.

Baca juga: Nelayan yang Hilang Diseret Buaya, Baru 5 Menit Mencebur ke Sungai

Dia menjelaskan, nelayan tersebut dilaporkan hilang oleh pihak keluarga sejak Senin pagi setelah korban tidak juga kembali hingga keesokan harinya.

Saat ini kata dia, kondisi cuaca di perairan Namlea sedang diguyur hujan ringan. Selain itu, tinggi gelombang di perairan tersebut juga mencapai 1-1.5 meter dengan kecepatan tiupan angin mencapai 20 knot.

“Saat ini upaya pencarian korban masih terus dilakukan. Hingga siang ini Tim SAR masih terus menyisir perairan yang diduga sebagai lokasi hilangnya nelayan itu,” ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X