Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Nelayan di Pulau Buru Hilang Saat Melaut

Kompas.com - 18/06/2019, 17:04 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Candra Setia Budi

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Seorang nelayan di Pulau Buru, Maluku dilaporkan hilang saat pergi melaut dengan sebuah longboat di perairan Desa Jikumerasa, Namlea, Kabupaten Buru.

Nelayan yang diketahui bernama Arifin Bugis (33) dilaporkan pergi melaut sejak Senin (17/6/2019) namun hingga kini belum juga kembali.

“Kami menerima informasi adanya nelayan hilang oleh pihak keluarga saat melaut pada Selasa hari ini,” kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin kepada wartawan, Selasa (18/6/2019).

Baca juga: Nelayan Hilang di Halmahera, Pencarian Diperluas hingga Perairan Raja Ampat

Muslimin mengatakan, setelah mendapatkan informasi tersebut, tim SAR Pos Namlea bersama personel Polair langsung dikerahkan untuk melakukan pencarian di perairan yang diduga menjadi lokasi tempat korban melaut.

Adapun lokasi hilangnya longboat tersebut diduga berada pada koordinat 02° 55.595" S-127° 15.609" E.

“Tim bergerak bersama keluarga sekira pukul 10.45 WIT dengan menggunakan kapal Polair dan juga perahu cepat milik Tim SAR,” ujarnya.

Baca juga: Nelayan yang Hilang Diseret Buaya, Baru 5 Menit Mencebur ke Sungai

Dia menjelaskan, nelayan tersebut dilaporkan hilang oleh pihak keluarga sejak Senin pagi setelah korban tidak juga kembali hingga keesokan harinya.

Saat ini kata dia, kondisi cuaca di perairan Namlea sedang diguyur hujan ringan. Selain itu, tinggi gelombang di perairan tersebut juga mencapai 1-1.5 meter dengan kecepatan tiupan angin mencapai 20 knot.

“Saat ini upaya pencarian korban masih terus dilakukan. Hingga siang ini Tim SAR masih terus menyisir perairan yang diduga sebagai lokasi hilangnya nelayan itu,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com