Jemaah Ahmadiyah Akan Direlokasi ke Kecamatan Sembalun di Lombok Timur

Kompas.com - 18/06/2019, 14:41 WIB
Suana warga Ahmadiyah di tempat penitipan di Loka Latihan Kerja Selong di Lombok Timur, Selasa (18/6/2019). KOMPAS.com/IDHAM KHALID Suana warga Ahmadiyah di tempat penitipan di Loka Latihan Kerja Selong di Lombok Timur, Selasa (18/6/2019).

LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com - Jemaah Ahmadiyah asal Desa Greneng, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur, rencananya akan direlokasi ke tempat aman yakni di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. 

Saat ini proses relokasi masih berlangsung sebab jemaah Ahmadiyah tidak satu suara soal relokasi tersebut serta pihak aparat masih melakukan koordinasi dengan warga agar mau menerima jemaah Ahmadiyah tersebut. 

Lalu Syafii, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Nusa Tenggara Barat (Bakesbangpoldagri NTB), mengatakan,  jemaah Amhadiyah tersebut direlokasi setelah diusir dan dirusak rumahnya oleh warga sekitar.

“Rencananya, kami kami akan merolakasi jemaah Ahmadiah ke Sembalun, namun sampai saat ini warga Sembalun belum bisa menerima keberadaan jemaah Ahmadiyah,” kata Syafii saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (17/6/2019). 


Baca juga: YLBHI Menduga Ada Oknum Aparat Terlibat dalam Penyerangan Ahmadiyah Lombok Timur

Menurut Syafii, pihaknya terus berusaha berkoordinasi dengan masyarakat Sembalun bisa menerima keberadaan jemaah Ahmadiyah yang terusir dari desanya tersebut. 

Dia menyebutkan, sebelumnya pihak Bakesbangpol telah memberikan opsi kepada jemaah Ahmadiyah di Lombok Timur untuk menentukan wilayah sebagai tempat tinggal barunya.

“Kami sebelumnya telah memberikan tawaran kepada jemaah Ahmadiyah untuk memilih lokasi tempat tinggal, diantaranya rumah susun, transito, dan relokasi di Sembalun, namun jemaah Ahmadiyah tidak satu suara," ungkap Syafii.

Baca juga: Jemaah Ahmadiyah Lombok Timur Akan Direlokasi ke Tempat Aman

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X