Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Aceh Tengah: Bangun "Homestay" Gratis Biaya Izin dan Pajak

Kompas.com - 17/06/2019, 22:54 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan, akan menggratiskan pajak bagi warga di Aceh Tengah yang ingin membuka "homestay".

Hal itu dilakukan Pemda Aceh Tengah untuk mendorong perekonimian warga dengan memanfaatkan peluan wisata yang ada di Aceh Tengah.

Shabel mengatakan, sebagai daerah wisata, Aceh Tengah mulai ramai dikunjungi oleh pengunjung, terlebih di musim liburan seperti Hari Raya dan tahun baru. Jumlah hunian penginapan pun selalu membludak.

Hal ini dinilai sebagai peluang yang harus dimanfaatkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dengan membuat lebih banyak homestay.

"Masyarakat kami dorong untuk membuat homestay dan tidak dikenakan biaya untuk izin dan pajak, semuanya gratis," ungkap Shabela, di sela kegiatan pengajian Fuspita se-Kecamatan Lut Tawar di Kampung Gunung Suku, Senin (17/6/2019).

Baca juga: Kronologi Kecelakaan Maut yang Libatkan Dua Bus dan Xenia di Aceh Timur

Tugas pemerintah daerah, menurut Shabela, sebagai katalisator yang memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Diantaranya mempermudah perizinan dan pembebasan pajak.

Dinas terkait diminta untuk bekerjasama dengan Reje (kepala kampung) di sekitar danau atau Kota Takengon agar mendorong warga supaya memanfaatkan peluang tersebut.

"Biasanya masyarakat kita akan mencontoh keberhasilan yang terjadi, karena itu perlu pionir yang dipersiapkan. Berikutnya akan dilakukan pembinaan sehingga homestay semakin banyak dan sesuai dengan standar yang diharapkan," tegas Shabela.

Baca juga: 6 Orang Tewas dalam Kecelakaan Maut di Aceh Timur, Salah Satunya Balita

Membludaknya kunjungan ke Aceh Tengah pada libur Idul Fitri lalu, sehingga banyak yang memanfaatkan masjid untuk menginap. Bahkan pemerintah daerah turut mempersiapkan masjid di sekitar kota agar tidak kekurangan air.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com