Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Mesuji Ambles, Mobil Kecil Bisa Masuk Tol Kayuagung-Lampung

Kompas.com - 17/06/2019, 16:33 WIB
Amriza Nursatria,
Farid Assifa

Tim Redaksi

INDRALAYA, KOMPAS.com - Amblesnya pelat besi lantai Jembatan Mesuji pada Minggu (16/6/2019) kemarin membuat kendaraan yang hendak menuju Lampung dan Jakarta dari Palembang tak bisa melintas.

Sebelumnya sudah ada instruksi agar pengendara diarahkan melalui jalan lintas tengah Sumatera melalui Prabumulih dan Baturaja.

Namun mulai siang ini, Senin (17/6/2019), kendaraan berukuran kecil yang hendak menuju Lampung dan Jakarta dibolehkan melalui jalan tol Kayuagung-Lampung. Sebelumnya jalan tol tersebut ditutup kembali setelah berakhirnya arus balik Idul Fitri 2019 karena masih dalam pengerjaan.

Baca juga: Jembatan Mesuji Amblas, Kendaraan Diarahkan Via Prabumulih

Pengawas ruas Simpang Celika-Pematang Panggang Balai Besar V PJN Wilayah 3 Palembang, Muhammad Pajri mengatakan, kendaraan ukuran kecil dibolehkan melalui jalan tol Kayuagung-Lampung sampai Mesuji, sedangkan kendaraan besar tetap melalui jalan lintas tengah Prabumulih-Baturaja.

“Jadi untuk sementara untuk kendaraan kecil kita arahkan untuk masuk ke jalan tol dari Simpang Celika sampai ke Mesuji, untuk kendaraan besar kita arahkan mutar lewat kota Indralaya masuk kota Baturaja melalui Beringin sampai keluar ke Provinsi Lampung,” katanya

Pajri tidak bisa memprediski kapan perbaikan jembatan selesai. Ia memperkirakan, perbaikan jembatan memakan waktu satu bulan.

“Kemungkinan satu bulan baru selesai,” katanya

Seperti diberitakan, jembatan Mesuji yang terletak di perbatasan Mesuji OKI dan Mesuji Lampung ambles minggu kemarin akibat badan jembatan tidak kuat dilewati oleh kendaraan truk berukuran besar dengan beban muatan yang berat.

Baca juga: Jembatan Penghubung Mesuji OKI dan Mesuji Lampung Amblas, Kendaraan Tak Bisa Melintas

Akibat kejadian itu, pengendara dari Palembang yang hendak menuju Lampung dan sebaliknya tidak bisa melintas. Sempat terjadi kemacetan panjang di kedua sisi ruas jalan pasca-kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com