Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya di Bengkulu, Penampilan 500 Dhol yang Energinya Kuat Macho

Kompas.com - 16/06/2019, 10:09 WIB
Firmansyah,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Sebanyak 500 dhol, alat pukul asli Bengkulu, akan ikut memeriahkan rangkaian Festival Bumi Rafflesia yang akan dihelat pada Juli 2019.

Gubernur Bengkulua Rohidin Mersyah menyebutkan, penampilan alat musik dhol akan dikemas semenarik mungkin, baik dari sisi performa, penampilan dan lainnya untuk memeriahkan Festival Bumi Rafflesia 2019. Festival Bumi Rafflesia 2019 masuk dalam Calender of Event Indonesia.

"Dhol merupakan alat musik yang memiliki energi sangat kuat, beda dengan alat musik lainnya, maka performa orang yang tampil harus gagah, kuat macho bukan gemulai, karena alat ini energinya yang dimunculkan," kata Rohidin saat meninjau latihan penampilan 500 peserta pemukul dhol di Pusat Olahraga, Pantai Panjang Bengkulu, Sabtu (15/6/2019).

Dalam Festival Bumi Rafflesia 2019, dhol akan dikolaborasikan dengan alat musik negara lain supaya penonton dapat melihat dinamisasinya di lapangan terbuka.

Festival Bumi Rafflesia memiliki keunikan lantaran menampilkan daya tarik wisata alam, kuliner, dan budaya yang berada di Provinsi Bengkulu. Selain itu, festival ini juga digelar di kawasan Pantai Panjang yang menjadi salah satu destinasi wisata maritim unggulan dari wilayah tersebut.

Rangkaian Festival Bumi Rafflesia 2019 meliputi Bencoolen Dhol Attraction, Bencoolen Etnic Carnaval, Bencoolen Arts and Cultur Festival, Bengkulu Inafact Fair, Festival Kopi Bengkulu, 'Nge Trail Wonderful Bengkulu. Semua kegiatan akan difokuskan di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu mulai 18-22 Juli 2019.

Selain Festival Bumi Rafflesia 2019, Bengkulu masih memiliki sejumlah event wisata yang layak dikunjungi seperti Festival Tabut pada 31 Agustus-9 September 2019. Bencoolen International Marine Festival pada 28-29 September 2019 di Benteng Marlborough Bengkulu.

Terdapat pula Festival Pesisir Pantai Panjang. Terdapat sejumlah festival lain di tingkat kabupaten seperti Festival Truly Rafflesia di Kabupaten Bengkulu Tengah, Festival Ayik Manna, Enggano Fiesta Festival Gurita di Kabupaten Kaur, Festival Bimbang Bebalai di Kabupaten Seluma, Mountain Valley Festival di Kabupaten Kepahiang, Festival Danau Nibung, Festival Kain Besurek, Garden Flower Festival di Rejang Lebong, serta River Lake Festival.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com