Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus SMA, Zohri Diterima di IKIP Mataram Tanpa Tes

Kompas.com - 15/06/2019, 15:12 WIB
Fitri Rachmawati,
Heru Margianto

Tim Redaksi


MATARAM, KOMPAS.com - Lalu Muhammad Zohri, sprinter asal Lombok Utara, NTB lulus di SMAN 2 Mataram. Ia diterima di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram melalui jalur khusus tanpa tes dan bebas biaya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) NTB, Husnanidiaty Nurdin pada Kompas.com, Sabtu (15/6/2019) mengatakan, Zohri telah diterikma di IKIP Mataram, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK).

"Zohri diterima di IKIP melalui jalur khusus prestasi. Itu tanpa tes dan bebas biaya alias dapat beasiswa. Dia menyongsong cita-citanya yang ingin menjadi guru olahraga," kata Husnanidiaty.

Baca juga: Ini Tampilan Baru Rumah Lalu Muhammad Zohri

Ia berharap, dengan bekal pendidikan di IKIP Mataram, Zohri dapat menggapai cita-citanya di masa depan.

"Untuk meraih cita-cita, dia harus kerja keras dan fokus, baik di olahraga ataupun pendidikan. Semoga cita-citanya bisa tercapai untuk menunjang masa depannya," pesan Husnanidiaty yang selama ini selalu mendampingi Zohri yang digembleng di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Nusa Tenggara Barat (PPLP NTB) sejak 2016 silam.

Nama Zohri mencuat dan dikenal banyak orang setelah memenangkan Kejuaraan Atlet Dunia U-20 di Finlandia, Zohri menjadi spinter 100 meter dengan kecepatan 10.18 detik.

Kemampuan Zohri tak diragukan lagi setelah pada 19 Mei 2019 lalu kembali mengukir prestasi di kejuaraan Seiko Golden Prix, Osaka, Jepang. Meskipun finish di urutan ketiga namun Zohri memecahkan rekor nasional yang tak terpecahkan selama 10 tahun dengan kecepatan 10.03 detik.

Baca juga: Di Balik Kelolosan Lalu Muhammad Zohri ke Olimpiade Tokyo 2020

Kakak Kandung Zohri, Fazzila, mengaku bangga dengan prestasi adiknya. Meskipun jarang bertemu namun dia dan keluarga selalu mendoakan Zohri.

"Dia jarang pulang ke rumah kayu, sebentar pulang langsung balik lagi ke Jakarta untuk latihan. Hari Minggu besok dia sudah akan balik. Saya selalu mendoakan dia, agar dia sukses terus," kata Fazilla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com