Kalapas: Setya Novanto Dipindah ke Rutan Kelas II B Gunung Sindur Bukan Lapas

Kompas.com - 15/06/2019, 13:43 WIB
Foto terpidana kasus korupsi Setya Novanto yang beredar di dunia maya. Ia keperkog tengah pelesiran di suatu toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6/2019) kemarin. istimewaFoto terpidana kasus korupsi Setya Novanto yang beredar di dunia maya. Ia keperkog tengah pelesiran di suatu toko bangunan di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6/2019) kemarin.

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur, Bogor setelah menyalahi prosedur izin berobat ke RS Santosa Bandung.

Pemindahan mantan Ketum Golkar itu buntut dari beredar foto-foto dirinya bersama seorang wanita yang diduga istrinya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Sopiana memastikan kepindahan tersebut. Namun, kata dia, Setya Novanto langsung dibawa ke Rutan Kelas II B Gunung Sindur bukan ke Lapas.

"Setnov dipindah ke Rutan Mas, bukan ke Lapas," katanya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (15/6/2019).

Baca juga: Setya Novanto ke Lapas Gunung Sindur, Kadivpas Jabar Mengaku Tak Mau Terus Ditipu

Sopiana menyebut, Setya Novanto tiba di Rutan pada pukul 01.30 WIB dengan pengawalan ketat.

"Informasi dari anggota itu pukul 01.30 WIB Sabtu dini hari, untuk dokumentasi enggak  ada karena posisinya dikirim ke Rutan bukan ke Lapas," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Rutan kelas llB Gunung Sindur, Agus Salim membenarkan, tetapi pihaknya tidak bisa memberikan pernyataan mengenai pemindahan Setnov karena permasalahannya ada di Lapas Sukamiskin Bandung.

"Gini Pak, kami belum bisa memberikan statement karena permasalahannya ada di Sukamiskin yang memerintahkan Kakanwil Jabar kami hanya menerima dan saat ini kami masih rapat dulu sambil menunggu harus bagaimana, jadi belum bisa menyampaikan apa-apa," ucapnya.

Ditanya mengenai alasan pemindahan ke Rutan yang dihuni teroris. Agus mengaku tak mengerti dan hingga kini masih menunggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X