Viral Kuda Terkapar di Jalan Diduga karena Kelelahan, Pemilik Sampaikan Fakta Berbeda

Kompas.com - 15/06/2019, 07:00 WIB
Foto seekor kuda terkapar di Cibinong, viral.INSTAGRAM/ depok_update Foto seekor kuda terkapar di Cibinong, viral.

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Foto kuda yang terkapar di jalan viral di media sosial. Dari salah satu akun viral di Instagram @depok_update, disebutkan bahwa kuda tersebut jatuh terbalik bersama penumpang yang ada di dalam dokar karena kuda berwarna hitam kelelahan.

Peristiwa itu disebut terjadi di depan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (9/6/2019)

Info lainnya melalui akun Facebook milik Setiabudi Laratsemi, menyebutkan bahwa kuda tersebut jatuh terbalik karena kelelahan.

"Kejadian Minggu (9/6/2019) saat sedang lari pagi keliling Stadion Pakansari, tiba-tiba ada suara keras gubrak di belakang. Dokar wisata penuh penumpang satu keluarga jatuh terbalik. Kudanya jatuh kelelahan. Orang-orang mengira sang kuda sudah mati, tapi terlihat perutnya masih gerak2, masih bernafas," singkat isi postingan Setiabudi Laratsemi.

Baca juga: Viral Foto Beruang Madu Kurus di Kebun Binatang Sinka Island Park, Ini Langkah BKSDA

Kompas.com menelusuri lokasi kejadian. Sejumlah saksi mata mengatakan peristiwa itu terjadi di Jalan Lingkar Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor tepatnya di seberang Kantor Dispora Bogor.

"Iya benar, saya lihat di sini jalan ini, sudah berantakan sama delmannya," kata saksi mata, Dasman (59) saat ditunjukkan foto kuda tersebut, Jumat (14/6/2019).

Pemilik kuda delman, Nurdiansyah (35) sedang membersihkan kudanya, di Jalan Kesadaran, Kampung Cikempong, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Jumat (14/6/2019)KOMPAS.com/AFDHALUL IKHSAN Pemilik kuda delman, Nurdiansyah (35) sedang membersihkan kudanya, di Jalan Kesadaran, Kampung Cikempong, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Jumat (14/6/2019)

Namun, Dasman memastikan kuda delman tersebut kembali berdiri normal dan berjalan perlahan bersama sang kusir meninggalkan lokasi kejadian.

"Tapi sudah enggak jadi masalah karena kudanya kembali jalan normal," ujarnya.

Awalnya, ia mengira bahwa ada perkelahian mengingat banyak warga yang berkerumun di lokasi tersebut. Rupanya salah satu delman terjatuh bersama penumpangnya.

"Saya juga kaget itu ini kenapa andongnya sudah berantakan aja padahal biasanya konvoi gitu. Awalnya saya juga menyangka ini berantem. Curiganya kok berantakan atas delman rusak patah, atapnya itu sudah enggak ada," bebernya

Di Jalan Lingkar Stadion Pakansari menjadi lokasi pangkalan delman yang menyewakan untuk wisatawan. Terkadang mereka juga menaikkan penumpang melebihi kapasitas lantaran harus mengejar target setoran.

Baca juga: Karyawati Mandiri Syariah Tewas di Kamar Kos, Ditemukan Bekas Cekikan di Leher

Penjelasan pemilik kuda

Secara terpisah, pemilik kuda delman, Nurdiansyah (35), mengaku bahwa postingan di medsos yang viral adalah tidak benar.

Ia menjelaskan, pada Minggu pagi, sang kusir bernama Dio (15) sengaja menjatuhkan kuda asal Sumbawa, NTB, agar tidak menabrak sebuah mobil yang sedang parkir.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X