Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Ditembak Mati karena Fotonya Viral di Medsos, Buronan Perampok Sadis Menyerahkan Diri

Kompas.com - 13/06/2019, 21:36 WIB
Khairina

Editor

OKU, KOMPAS.com-Alwi (30), anggota komplotan perampok bersenjata api memilih menyerahkan diri ke polisi setelah 6 tahun menjadi buronan polisi.

Alwi menyerahkan diri karena takut ditembak mati lantaran fotonya beredar di sosial media masuk daftar buruan polisi dan menjadi viral.

Kapolres OKU AKBP Dra Ni Ketut Widayana Sulandari didampingi Kasat Reskrim Polres OKU, AKP Alex Andriyan SKom yang dimintai konfirmasinya Rabu (12/6/2019), seperti ditulis Tribunnews, membenarkan bahwa buronan yang paling dicari polisi ini sudah menyerahkan diri.

Alwi menyerahkan diri ke Polres Waykanan Lampung, selanjutnya dijemput oleh Kasat Reskrim dan Kanit Pidum Polres OKU.

Alwi sudah enam tahun buronan Polres OKU dalam kasus pencurian dengan kekerasan (curas).

Tersangka Alwi bersama komplotannya merupakan penjahat yang paling ditakuti karena merupakan penjahat sadis yang saat beraksi tidak segan-segan menyiksa korbannya.

Enam tahun yang lalu, tepatnya 24 Juli 2013, Alwi dan komplotannya merampok tauke karet di Desa Mendala, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten OKU, Sumatera Selatan.

Saat Alwi dan komplotannya beraksi, ternyata di dalamnya ada belasan polisi yang menyamar menjadi tauke karet.

Komplotan perampok yang mengira mobil truk yang disopiri anggota polisi itu adalah mobil tauke karet langsung beraksi dengan menembak kaca mobil di depan sopir.

Melihat ancaman tersebut, timsus gabungan langsung mengeluarkan tembakan dan terjadilah baku tembak antara polisi dan perampok.

Baca juga: KPK dan Polres Tangsel Tangkap Buronan Polda Lampung

Kontak senjata belasan anggota polisi yang sedang menyamar dengan enam penjahat bersenpi, masing-masing Sukirno bin Suratman (26), petani, alamat di HTO Beringin Jaya Blok D Kabupaten OKU (sudah menjalani hukuman), Ihsan bin Jainuri, yang meninggal dalam aksi baku tembak, dan Alwi (30), pekerjaan wiraswasta, alamat di Desa Sido Mulyo Kecamatan Belitang I Kabupaten OKU Timur (ditangkap).

Kemudian, Sukir (32), alamat Desa Sumber Jaya, Kecamatan Belitang II Kabupaten OKU Timur (DPO), Fendi (30), alamat HTI Beringin jaya Blok D, Kabupaten OKI (DPO) serta Dobrak (26), alamat Dung Rejo BK IX Belitang Kabupaten OKU Timur (DPO).
 
Dikatakan Kapolres, para penjahat sadis ini merupakan komplotan yang sering merampok tauke karet.

Dengan sudah ditahannya pelaku, polisi juga sudah mengamankan barang bukti berupa 1 pucuk senjata api rakitan, 5 butir amunisi, 1 unit sepeda motor Honda supra X 125 CW warna hitam dengan Nopol BG 2139 WW berikut STNK, 1 buah tas pinggang warna hitam dan 1 unit mobil Truck Colt Diesel warna kuning Nopol BG 8981 BS.

Pelaku Alwi kini sedang menjalani pemeriksaan di Mapolres OKU.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Takut Ditembak Polisi Karena Foto Wajahnya Sudah Tersebar, Anggota Perampok Ini Menyerahkan Diri, http://www.tribunnews.com/regional/2019/06/13/takut-ditembak-polisi-karena-foto-wajahnya-sudah-tersebar-anggota-perampok-ini-menyerahkan-diri?page=2.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com