Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Dampak Erupsi Gunung Sinabung, Petani Terancam Gagal Panen hingga Tanggap Darurat Diperpanjang

Kompas.com - 13/06/2019, 21:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Khairina

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 4 kecamatan di Kabupaten Karo terkena dampak hujan abu erupsi Gunung Sinabung.

Abu tebal membuat para petani terancam gagal panen. Empat kecamatan yang terkena dampak itu adalah Kecamatan Mardinding, Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Merdeka, dan Kecamatan Berastagi.

Sementara itu, Dansatgas Tanggap Darurat Gunung Sinabung, Dandim 0205 Tanah Karo Letkol inf Taufik Rizal Batubara mengatakan, pihaknya memperpanjang masa tanggap darurat Gunung Sinabung selama sebulan ke depan.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Hujan abu guyur 4 kecamatan

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Minggu (9/6/2019). Gunung Sinabung berstatus Siaga (Level lll) kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 7.000 meter.ANTARA FOTO/SASTRAWAN GINTING Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi, di Karo, Sumatera Utara, Minggu (9/6/2019). Gunung Sinabung berstatus Siaga (Level lll) kembali mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai 7.000 meter.

Erupsi Gunung Sinabung membuat 4 kecamatan terdampak abu vulkanik. Empat kecamatan itu adalah Kecamatan Mardinding, Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Merdeka, dan Kecamatan Berastagi.

Dampak terparah terjadi di Desa Sukandebi, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Sebagian besar lahan pertanian di desa ini tertutup material abu yang cukup tebal. Salah satunya lahan pertanian milik Usahanta Sitepu.

Lahan seluas 1 hektar miliknya terpapar abu vulkanik dengan ketebalan hingga 1 sentimeter. Dia mengaku, dengan keadaan seperti ini tanaman yang dia tanam akan mengalami gagal panen.

"Luas lahan kita ini 1 hektar Bang, kita menanam tomat, kentang, bunga kol, ya semuanya kena abu Bang, kalau enggak turun hujan beberapa hari ini, pasti rusak semua taman kita di sini Bang karena abu gunung ini," ujar Usahanta Sitepu, di lahan miliknya di Desa Sukandebi, Rabu (12/6/2019).

Baca juga: Erupsi, Masa Tanggap Darurat Bencana Gunung Sinabung Diperpanjang

2. Petani terancam gagal panen

Petani saat membersihkan tanaman kentang yang terpapar abu vulkanik Gunung api Sinabung dengan menggunakan alat seadanya.Kompas.com/Hendri setiawan Petani saat membersihkan tanaman kentang yang terpapar abu vulkanik Gunung api Sinabung dengan menggunakan alat seadanya.

Dinas Pertanian Kabupaten Karo masih melakukan pendataan terkait kerusakan lahan pertanian akibat dampak abu vulkanik Gunung api Sinabung.

"Kita masih mendata lahan pertanian yang terpapar abu vulkanik pasca erupsi kemarin, berapa luas lahan terpapar dan berapa besar kerusakannya," ujar Kepala Dinas Pertanian Karo Sarjana Purba, saat pengecekan langsung di Kecamatan Naman Teran, Rabu.

Sementara itu, menurut Usahanta Sitepu, lahan pertanian yang terkena abu terancam gagal panen. Petani sebisa mungkin membersihkan tanaman mereka dari abu.

"Ya, kita untuk menanggulanginya cuma bisa kibas-kibas daunnya Bang, biar jatuh abunya, sambil nunggu hujan, kalo sudah hujan nanti, baru kita semprot lagi dengan zat hijau daun biar bersih dia lagi," ujarnya.

Baca juga: Status Gunung Sinabung Turun, Pengungsi dari Lima Desa Akan Dipulangkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com