Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampah Menggunung di Kantor Pemda Bandung Barat dan Objek Wisata Situ Ciburuy

Kompas.com - 13/06/2019, 19:49 WIB
Putra Prima Perdana,
Khairina

Tim Redaksi

PADALARANG, KOMPAS.com- Dua lokasi penting di Kabupaten Bandung Barat dihiasi pemandangan kurang sedap. Dua lokasi tersebut adalah kawasan wisata Situ Ciburuy dan Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat.

Di objek wisata Situ Ciburuy, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, tumpukan sampah yang menggunung di beberapa titik berada tidak jauh dari lokasi warung makan yang berjajar di sisi danau.

Tak ayal, hal tersebut membuat wisatawan merasa jijik dan kehilangan selera untuk berlama-lama berada di tempat itu.

Baca juga: Juli, Pemprov Jabar Mulai Program Tukar Sampah Plastik Jadi Emas

Sejumlah wisatawan yang berkunjung ke Situ Ciburuy mengeluhkan hal tersebut. Sumi (35) salah satunya. Dia menilai, semestinya pemerintah atau pengelola Situ Ciburuy lebih peka dan memperhatikan aspek kebersihan sehingga tidak ada sampah yang dibiarkan menumpuk.

“Jadi terlihat kumuh karena banyak sampah menumpuk di mana-mana, pengunjung pastinya akan malas untuk datang lagi," kata Sumi, Kamis (13/6/2019).

Sumi yang datang bersama keluarganya sangat menyayangkan banyaknya tumpukan sampah yang dibiarkan menggunung.

Selain meluber ke bibir jalan dan menimbulkan bau yang tidak sedap, tumpukan sampah juga terlihat di tepian danau sehingga menimbulkan bau tidak enak di warung-warung lesehan yang menjajakan makanan dan minuman.

"Kalau begini kan orang makan juga jadi enggak nafsu, karena melihat sampah dan banyaknya lalat," sambungnya.

Wisatawan lain, Suherman (40) mengatakan, semestinya Situ Ciburuy yang memiliki nilai historis menjadi aset wisata unggulan di Bandung Barat. Tetapi, dia menilai, kenyataannya jauh berbeda karena kebersihan di Situ Ciburuy belum bisa tertangani dengan baik.

"Ciburuy ini adalah legenda wisata bagi masyarakat Sunda. Sayang kalau dibiarkan kotor dan kumuh, semoga saja ini jadi perhatian bagi Pemerintah Bandung Barat," singkatnya.

Bukan hanya di objek wisata Situ Ciburuy, tumpukan sampah yang belum diangkut pun tampak terlihat di kompleks perkantoran Pemda Kabupaten Bandung Barat pada Kamis (13/6/2019) pagi.

Tumpukan sampah pun sangat mengganggu estetika dan keasrian kompleks perkantoran Pemda Bandung Barat. Pasalnya, selain menjadi pusat aktivitas ASN, kompleks pemda ini juga banyak dikunjungi oleh tamu dan masyarakat umum.

Sejumlah tumpukan sampah tampak terlihat di beberapa sudut komplek perkantoran. Yang paling mencolok mata adalah tumpukan sampah yang cukup menggunung di Gedung A atau tidak jauh dari depan Kantor Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta beberapa kantor dinas lainnya. Sampah itu sebagian sudah dibungkus karung dan sisanya ada yang berserakan.

Tidak hanya di luar, sampah juga berserakan di dalam perkantoran. Padahal, kegiatan pelayanan publik sudah berjalan sejak Senin (10/6/2019).

Sebagian sampah yang disinyalir sisa dari sampah sebelum libur Lebaran itu juga ada yang dibuang di dalam lift.

Baca juga: Sampah Botol Plastik Suroboyo Bus Terkumpul 39 Ton Bernilai Rp 150 Juta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com