Jumat, Pendakian Gunung Rinjani Dibuka, Kuota Pengunjung Dibatasi

Kompas.com - 13/06/2019, 10:51 WIB
Keindahan kaldera Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak dan gunung anakan Barujari menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. KOMPAS/Iwan SetiyawanKeindahan kaldera Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak dan gunung anakan Barujari menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

MATARAM, KOMPAS.com - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) akan membuka kembali jalur pendakian Gunung Rinjani, setelah sebelumnya ditutup pascabencana gempa bumi mengguncang Lombok pada Juli 2018.

"Pendakian ke Gunung Rinjani akan kita buka mulai besok pagi, Jumat 14 Juni 2019," ujar Kepala Balai TNGR, Sudiyono dalam keterangan tertulis, Kamis (13/6/2019).

Baca juga: Pria yang Tewas di Gunung Rinjani Diduga Masuk ke Hutan dalam Keadaan Linglung

Jalur yang akan dibuka diantaranya jalur pendakian Sembalun dan jalur pendakian Senaru dengan kuota pengunjung masing-masing 150 orang per hari.

Sementara jalur pendakian melalui Aiq Berik dan Timbanuh masing-masing 100 orang per hari.

"Tiket dapat dibeli via e-Rinjani yang bisa diakses mulai hari ini, dengan mengunduh aplikasi di playstore," kata Sudiyono.

Baca juga: Kalau Dibuka, Jalur Pendakian Rinjani Tak Sampai Danau Segara Anak dan Puncak

Sementara acara peresmian pembukaan jalur pendakian Rinjani akan dipusatkan di kecamatan Sembalun. Pembukaan juga akan diisi dialog via internet dengan Dirjen KSDAE.

Sudiyono menambahkan, meski jalur pendakian telah dibuka, pendakian hanya dibatasi sampai Plawangan.

Para pendaki tidak diizinkan mendaki hingga puncak Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Sebelumnya, pihak BTNGR bersama tenaga teknis dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah melakukan survei ulang jalur pendakian Rinjani.

Survei ulang ini dilakukan untuk memastikan keamanan jalur pendakian Rinjani, pascagempa Lombok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X