Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan KSAD George Toisutta Dimakamkan Secara Militer di TPU Makassar

Kompas.com - 12/06/2019, 21:12 WIB
Himawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com - Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta dimakamkan secara militer di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dadi di Jalan Lanto Dg Pasewang, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/6/2019) pukul 17.30 Wita.

Pemakaman ini dipimpin langsung Wakil Kepala KSAD Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman.

George Toisutta dimakamkan di samping makam ibunya. Sepanjang upacara pemakaman, para keluarga, kerabat, serta warga mendampingi kepergian jenderal kelahiran Ujung Pandang ini, meski hujan lebat terjadi saat upacara pemakamannya.

Baca juga: Mantan KSAD George Toisutta Meninggal Dunia

"Beliau ini dalam pengabdian di Angkatan Darat cukup lengkap, mulai dari komandan pleton sampai staf angkatan darat, beliau lima kali jadi Panglima. Panglima komando Aceh, Panglima Divisi, Pangdam Cenderawasih dan Pangdam Siliwangi, kemudian Pangkostrad, itu jarang orang dapat seperti itu. Artinya, memang beliau berprestasi," kata Tatang, saat diwawancara usai prosesi pemakaman, Rabu.

Tatang menyebut, kepergian George Toisutta membuat jajaran TNI merasa kehilangan.

George Toisutta dinilainya merupakan sosok pahlawan yang telah berjasa kepada Negara semasa hidupnya sebagai prajurit TNI. 

Tatang juga menyebut, berbagai penghargaan telah diberikan kepada George saat masih aktif di TNI Angkatan Darat.

Untuk itu, sebagai penghormatan terakhir, TNI melakukan upacara militer untuk melepas kepergian pria yang meninggal di usia 66 tahun ini.

Baca juga: Almarhum George Toisutta Dikenal Suka Bersedekah ke Mushala

"Saya merasakan sendiri beliau seorang pelatih, guru. Beliau tegas, dan selalu memberi teladan yang baik," imbuh dia.

Sebelumnya, Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pada Rabu (12/6/2019) sekitar pukul 05.25 WIB di, RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Sebelum meninggal, George Toisutta terbaring sakit di RSPAD Gatot Soebroto karena kanker usus yang dideritanya. Dia meninggal pada usia 66 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com