Dukung Pariwisata di Belitung, Kapal Bekas Ini Akan Disulap Jadi Ambulans

Kompas.com - 12/06/2019, 21:01 WIB
Kapal bekas yang akan diperbaiki sebagai kapal ambulance di Belitung.Dokumentasi Pemkab Belitung. Kapal bekas yang akan diperbaiki sebagai kapal ambulance di Belitung.

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, berencana memperbaiki sebuah kapal bekas untuk dijadikan rumah sakit terapung.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan, administrasi kapal tersebut sedang diurus karena dulunya merupakan hibah pemerintah pusat.

"Kami ingin kapal itu menjadi kapal ambulans yang akan siaga di kawasan ekonomi khusus pariwisata Tanjung Kelayang," kata Isyak, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (12/6/2019).


Baca juga: Kapal Feri Tenggelam di Sungai Mahakam

Kapal ambulans atau kapal rumah sakit, kata Isyak, akan mendukung pengembangan destinasi pariwisata yang aman dan mampu merespons dengan cepat insiden kecelakaan laut.

"Mudah-mudahan awal September 2019 sudah bisa operasi," ujar dia.

Saat ini, kapal fiber berwarna putih tersebut kondisinya rusak.

Baca juga: Kapal Pesiar Berbendera Malta Kunjungi Batam

"Kalau kapal ambulans yang sesungguhnya dilengkapi ruang menginap pasien belum ada. Ini setidaknya bisa untuk pertolongan medis pertama," ucap Isyak.

Selanjutnya, kapal tersebut dioperasikan di bawah Dinas Kesehatan setempat.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X