Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detik-detik Kapal Feri Tenggelam di Sungai Mahakam, Penumpang Tercebur, Mobil Mengapung

Kompas.com - 12/06/2019, 21:01 WIB
Caroline Damanik

Editor

Sumber

UJOH BILANG, KOMPAS.com – Video detik-detik tenggelamnya kapal feri kayu di perairan Sungai Mahakam, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Rabu (12/6/2019) pukul 17.30 Wita, beredar di media sosial Facebook.

Kapal feri kayu yang digunakan untuk menyeberangkan penumpang dari Kampung Long Bagun tujuan Kampung Batu Majang itu juga membawa kendaraan roda empat dan dua.

Video tersebut direkam oleh warga melalui telepon seluler. Dalam video itu, masyarakat bahu-membahu menggunakan perahu menyelamatkan penumpang kapal feri dan barang bawaan mereka.

Baca juga: Kapal Feri Tenggelam di Sungai Mahakam

Kapolsek Long Bagun Iptu Purwanto membenarkan bahwa video-video yang beredar tersebut merupakan rekaman dari warga setempat.

”Iya benar, itu kejadiannya di Long Bagun pukul 17.30 sore tadi,” ungkap Purwanto saat dikonfirmasi, Rabu malam.

 

 

Menurut Purwanto, berdasarkan informasi terakhir yang diterima, kapal itu tenggelam diduga karena kelebihan muatan di bagian depan kapal tersebut. Akibatnya, air Sungai Mahakam masuk ke dalam kapal sehingga kapal oleng dan karam.

“Keberatan di depan, tapi untuk lebih detail tunggu laporan dari anggota di lapangan, karena saat ini anggota sedang melakukan pendataan,” tutupnya.

Baca juga: Viral, Jemaah Shalat Id Bubarkan Diri gara-gara Khatib Ceramah Politik

Sebelumnya, informasi kapal karam di perairan Sungai Mahakam beredar lewat video di media sosial Facebook.

Akun Facebook atas nama @GlandasBady mengunggah video detik-detik terjadinya kapal karam di Kabupaten Mahakam Ulu. Dalam video berdurasi 1 menit 56 detik itu, sebuah mobil double gardan warna putih mengapung di Sungai Mahakam.

Video yang diambil dari sebuah kapal kayu itu memperlihatkan dua orang yang tercebur ke Sungai Mahakam. Kapal tersebut kemudian menghampiri dua orang yang tercebut. Kedua orang itupun langsung naik ke kapal.

Baca juga: Setelah Viral, Rujak Cingur di Surabaya Seharga Rp 60.000 Ramai Pembeli

Sejumlah orang yang tercebur di Sungai Mahakam berenang ke arah kapal-kapal yang berada di sekitarnya.

Berdasarkan keterangan yang diunggah akun Facebook @GlandasBady, kapal karam tersebut berisi 5 motor dan 1 unit mobil akhirnya tercebur ke Sungai Mahakam.

  

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Viral Kapal Feri Tenggelam di Sungai Mahakam, Berikut Pernyataan Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com