Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ojek "Online" di Makassar Galang Dana untuk Korban Banjir di Sulsel dan Sultra

Kompas.com - 11/06/2019, 21:14 WIB
Hendra Cipto,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


MAKASSAR, KOMPAS.com – Beberapa hari terakhir, intensitas hujan yang tinggi di sejumlah wilayah di Pulau Sulawesi, membuat sebagian daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Tenggara (Sultra) dilanda banjir.

Ratusan pengendara ojek online ‘ojol’ di Kota Makassar simpatik dan ramai-ramai meluangkan waktu untuk melakukan penggalangan dana bantuan untuk para korban banjir.

Ratusan ojol ini terbagi di beberapa titik perempatan lampu merah melakukan penggalangan dana dari pengemudi mobil dan motor.

Baca juga: Banjir Kembali Rendam 4 Desa dan Kelurahan di Sulawesi Selatan

Mereka meluangkan waktunya melakukan penggalangan dana mulai sore hingga malam hari, setelah bekerja sejak pagi.

“Kami mulai melakukan penggalangan dana mulai sore sekitar pukul 16.00 hingga tengah malam, setelah mendapat rezeki sejak pagi hingga sore. Kami sudah melakukan penggalangan dana sejak dua hari lalu dan alhamdulillah, lumayan dana yang terkumpul dari pengguna jalan mencapai jutaan,” kata Koordinator Generasi Baru Elang Community (GBEC), Ahmad, di sela-sela menggalangan dana di perempatan Jalan Veteran Utara-Jalan Sungai Saddang, Makassar, Selasa (11/6/2019) malam.

Menurut Ahmad, jika selama empat hari rencana penggalangan dana yang dilakukan kelompoknya ini dapat mencapai puluhan juta, maka pihaknya akan mengantarkan dan menyerahkan langsung dana bantuan tersebut kepada korban bencana banjir.

Baca juga: 5 Fakta Banjir Bandang di Konawe Utara, Evakuasi Ribuan Warga Terisolir hingga Tanggap Darurat 14 Hari

“Jika dalam empat hari ini, penggalangan dana bisa mencapai puluhan juta akan kami antar langsung. Jika di bawah Rp 10 juta, maka kami akan serahkan ke posko bantuan kemanusiaan lembaga amil zakat, infak, sedekah (Lazis) Wahdah Islamiyah. Nanti Lazis Wahdah yang menyerahkan semuanya kepada korban-korban bencana banjir di Sulsel dan Sultra,” tutur dia.

Ahmad menambahkan, beberapa kelompok ojol di Kota Makassar juga melakukan penggalangan korban bencana banjir di perempatan lampu merah yang ramai dilalui pengemudi mobil dan pengendara motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com