Divonis 1 Tahun Penjara, Ahmad Dhani Dikembalikan Ke Rutan Cipinang

Kompas.com - 11/06/2019, 17:58 WIB
Ahmad Dhani divonis satu tahun penjara dalam sidang putusan kasus pencemaran nama baik di PN Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/6/2019). Kompas TVAhmad Dhani divonis satu tahun penjara dalam sidang putusan kasus pencemaran nama baik di PN Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/6/2019).

SURABAYA, KOMPAS.com - Meski belum memiliki keputusan hukum tetap (inkrah), proses hukum perkara pencemaran nama baik melalui "vlog Idiot' oleh musisi Ahmad Dhani disebut telah selesai.

Pihak kejaksaan akan mengembalikan Dhani ke Rutan Cipinang di Jakarta.

"Selanjutnya kami akan mengembalikan Ahmad Dhani ke tempat penahanan asalnya di Rutan Cipinang," kata Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Richard Marpaung, Selasa (11/6/2019).

Baca juga: Dengarkan Vonis Hakim, Ahmad Dhani Tertunduk


Pihaknya masih membutuhkan waktu untuk menyiapkan proses administrasi pemindahan dan personel pengamanannya.

Secara terpisah, salah satu anggota kuasa hukum Ahmad Dhani, Sahid mengatakan, kemungkinan Dhani akan dibawa kembali ke Jakarta pada Kamis (13/6/2019).

"Rencananya jika tidak ada halangan, Kamis depan Ahmad Dhani akan diterbangkan ke Jakarta," jelasnya.

Baca juga: Divonis 1 Tahun, Ahmad Dhani Banding, Jaksa Pikir-pikir

Selasa siang, mejelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya membacakan vonis untuk pentolan Band Dewa 19 itu dalam perkara ujaran kebencian melalui vlog Idiot.

Dalam putusannya, hakim menjatuhi Dhani hukuman satu tahun penjara.

Dhani dinyatakan melanggar Pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika.

Atas putusan itu, Dhani langsung mengajukan banding.

Dalam perkara ujaran kebencian, Ahmad Dhani divonis 1 tahun 6 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 31 Januari 2019.

Mejelis hakim setempat lalu memerintahkan Ahmad Dhani ditahan sebelum akhirnya dipindah ke Rutan Medaeng Sidoarjo untuk menjalani proses hukum kasus vlog Idiot.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X