Waspada Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Kebumen

Kompas.com - 11/06/2019, 16:33 WIB
Polisi memberikan imbauan kepada wisatawan di pantai Kebumen, Jawa Tengah, untuk berhati-hati terhadap gelombang tinggi, Selasa (11/6/2019).DOK. POLRES KEBUMEN Polisi memberikan imbauan kepada wisatawan di pantai Kebumen, Jawa Tengah, untuk berhati-hati terhadap gelombang tinggi, Selasa (11/6/2019).

KEBUMEN, KOMPAS.com - Wisatawan yang berkunjung ke pantai di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, diminta meningkatkan kewaspadaan karena beberapa hari terakhir ini gelombang laut di pantai selatan cukup tinggi.

Kasubag Humas Polres Kebumen Kompol Suparno mengatakan, berdasarkan hasil pantauan yang dilakukan, puluhan warung yang berada di tepi pantai terendam akibat tingginya gelombang laut.

"Berdasarkan hasil pantauan kami di lapangan, beberapa hari terakhir ini ada kejadian alam gelombang tinggi di sepanjang garis pantai di Kebumen," kara Suparno melalui keterangan tertulis, Selasa (11/6/2019).

Baca juga: BMKG Peringatkan 3 Hari ke Depan Tinggi Gelombang di NTT Capai 4 Meter


Suparno menjelaskan, di Pantai Suwuk terdapat sekitar 20 warung yang tergenang air akibat gelombang tinggi. Kemudian di Pantai Ambal kurang lebih 30 warung terendam air laut, dan 20 warung di Pantai Ceriwik dilaporkan rusak akibat gelombang pasang.

Sedangkan di Pantai Setrojenar, lanjut Suparno, terjadi gelombang pasang setinggi 5 hingga 7 meter. Bahkan air telah menuju daratan sejauh 20 hingga 50 meter.

"Kejadian ini (gelombang tinggi) merata di Kebumen. Semua pantai di Kebumen mengalami gelombang tinggi," ujar Suparno.

Baca juga: Pencarian 2 Wisatawan yang Terseret Ombak di Pantai Suwuk Terkendala Gelombang Tinggi

Untuk mengantisipasi dampak akibat gelombang tinggi, anggota polwan dan polsek diterjunkan di seluruh pantai. Polisi mengimbau kepada pengunjung agar tetap berhati-hati.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X