Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Kapolsek Jadi Pasukan Ganjal Ban di Tanjakan Terjal Bandung-Garut

Kompas.com - 11/06/2019, 07:44 WIB
Agie Permadi,
Caroline Damanik

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pada musim mudik, personel kepolisian terus bersiaga di jalur yang dilalui pemudik.

Contohnya, jalur alternatif dari Bandung menuju Garut, tepatnya Jalan Kamojang, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jalur ini dikenal curam sehingga tak sedikit kendaraan pemudik yang tidak kuat naik.

Pasukan polisi yang bertugas sebagai "pengganjal ban" pun akan bergotong royong menolong kendaraan yang tidak kuat menanjak, termasuk Kapolsek Ibun Iptu Carsono.

 

Carsono mengatakan, setiap melihat ada kendaraan yang tidak kuat menanjak di jalur alternatif itu, mereka langsung berlari sambil membawa ganjal.

"Ganjal kayu tersebut langsung dimasukan di bagian roda ban untuk menahan kendaraan agar tidak mundur," katanya.

Baca juga: Kisah Pasukan Polisi Ganjal Ban di Jalur Maut Sarangan, demi Nyawa hingga Dikerjai Pengendara

Menurut dia, kendaraan yang tiba-tiba mogok dapat menghambat dan membahayakan kendaraan lain yang berada di belakangnya. 

"Banyak kendaraan yang tak kuat menanjak di tanjakan Kamojang-Ibun, terutama di sekitar kawasan Pemakaman Umum Patrol dan SDN Patrol," katanya.

Untuk itu, beberapa langkah upaya dilakukan. Selain melakukan pengganjalan dan mendorong kendaraan, biasanya mereka juga meminta para penumpang turun. Tinggal sopir saja yang berada di dalam kendaraan untuk memacu.

Meski mendadak menjadi tukang ganjal mobil dadakan, Carsono mengaku sangat senang bisa membantu pemudik pulang ke kampung halamannya untuk berkumpul dengan keluarga atau pulang.

Baca juga: 5 Fakta Pasukan Polisi Ganjal Ban di Jalur Maut Sarangan, Dikerjai Pengendara hingga 6 Tahun Berjaga di Lokasi

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, mengatakan bahwa polisi, Sat Pol PP dan Dishub serta para relawan setiap hari siaga di Jalan Kamojang.

"Menjadi tukang ganjal dadakan selama Ops Ketupat Lodaya 2019, dinikmati oleh personel gabungan yang menjalankan tugas pengamanan di jalur Kamojang, termasuk Kapolsek Ibun," kata Truno dalam pesan singkatnya, Senin (10/6/2019).

Truno mengatakan, kapolsek dan para personelnya membantu menahan kendaraan tersebut agar tidak kembali melaju mundur.

"Selama 24 jam melaksanakan tugas jaga, para personel kepolisian ini tanpa mengenal lelah melakukan tugasnya demi kelancaran lalu lintas," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com