Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Seharian Dipadamkan, Titik Api Masih Ada di Gudang Garmen yang Terbakar

Kompas.com - 10/06/2019, 17:57 WIB
Hamzah Arfah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Kebakaran melanda gudang garmen milik Mien Kian yang berada di Jalan Raya Dr Soetomo Nomor 44, Gresik, Jawa Timur, Minggu (9/6/2019) pukul 14.00 WIB.

Hingga Senin (10/6/2019) pukul 14.30 WIB, petugas pemadam kebakaran tampak masih melakukan tugasnya untuk memastikan api benar-benar padam, dengan pembasahan terus dilakukan oleh unit mobil pemadam kebakaran.

Tidak hanya mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Gresik yang turut serta. Namun, juga melibatkan mobil pemadam kebakaran dari beberapa perusahaan yang ada di Gresik, seperti milik PT Petrokimia Gresik, PT Semen Gresik, maupun PT PJB.

Baca juga: Gudang Mainan Terbakar di Kota Malang

"Ini masih terus kami upayakan pembasahan, sebab kami prediksi beberapa titik api belum sepenuhnya padam," ujar Kepala Pemadam Kebakaran (PMK) Gresik, Eka Prapangasta, Senin.

Kesulitan dihadapi petugas, lanjut Eka, karena bahan terbakar merupakan kain yang bertumpuk, ditambah kondisi bangunan gudang yang membutuhkan perhatian ekstra.

Sebab, penyangga gudang terlihat mulai melengkung usai kepanasan akibat terbakar. Sehingga, pihaknya belum dapat memastikan, hingga kapan proses pembasahan bakal selesai dilakukan.

"Kalau perkiraan waktu (sampai api benar-benar padam), kami belum bisa memastikan, sebab dalam hal ini proses masih berlangsung dan tidak bisa diprediksi," kata dia.

Eka menambahkan, petugas pemadam kebakaran juga menemui kendala di lapangan dalam mendapatkan suplai air untuk proses pemadaman.

"Kendala di setiap lokasi memang berbeda. Tapi untuk kejadian kali ini, kami memang butuh pasokan air yang kontinu untuk dapat memadamkan api secara keseluruhan, tapi nyatanya kami kesulitan mendapatkan pasokan air secara kontinu," ungkap dia.

Adapun pemilik gudang garmen, Mien Kian, mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran pada gudang miliknya.

Baca juga: Pasca-kebakaran Rutan Pidie di Aceh, Narapidana Minta Pegawai Lapas Dipindahkan

 

Ia pun masih belum berkenan untuk memaparkan berapa kerugian yang dialami dalam kejadian kebakaran kali ini.

Sementara, pihak kepolisian masih melakukan rekayasa lalu lintas di depan gudang garmen yang terbakar.

Kendaraan untuk sementara masih tidak diperbolehkan melintas guna membantu petugas pemadam kebakaran melaksanakan tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com