Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER NUSANTARA] Jokowi Belanja Buah dan Ulekan di Pasar Gede Solo | Kisah Polisi Ganjal Ban di Jalur Tengkorak Sarangan

Kompas.com - 10/06/2019, 07:48 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Rachmawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada hari Minggu (9/6/2019), Presiden Joko Widodo dan keluargnya berbelanja ke Pasar Gede Solo.

Saat itu Presiden Jokowi didampingi istrinya, Iriana dan kedua putranya, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep. Tak ketinggalan menantu Selvi Ananda dan cucunya, Jan Ethes.

Kehadiran mantan Wali Kota Solo itu pun mendapat sambutan meriah para pedagang dan warga.

Sementara itu, enam kecamatan dan 28 desa di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir sejak sepekan terakhir.

Hujan deras yang terus mengguyur kabupaten Konawe Utara membuat banjir semakin meluas.

Berikut ini berita populer nusantara secara lengkap:

1. Banjir melanda Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara

Jembatan Asera yang menghubung antara Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Sulawesi Tengah putus diterjang banjir bandang di Kabupaten Konawe Utara,  tercatat 6 enam kecamatan terisolir dan ribuan jiwa mengungsi (foto istimewa)Kiki Andi Pati Jembatan Asera yang menghubung antara Provinsi Sulawesi Tenggara dengan Sulawesi Tengah putus diterjang banjir bandang di Kabupaten Konawe Utara, tercatat 6 enam kecamatan terisolir dan ribuan jiwa mengungsi (foto istimewa)
Berdasar data BPBD Konawe Utara, sebanyak 1.054 kepala keluarga dan 4.089 jiwa terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sebanyak 56 rumah hanyut terseret arus banjir.

Selain itu, terjangan banjir bandang telah merobohkan jembatan yang menghubungkan provinsi Sultra dengan Sulawesi Tengah di Kecamatan Asera, Konawe Utara, Minggu (9/6/2019).

Peristiwa amblasnya jembatan penghubung antarprovinsi itu membuat masyarakat di Kecamatan Asera, Oheo, Landawe, Langgikima, Andowia, dan Wiwirano terisolasi.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut, Djasmiddin menjelaskan, kondisi air di sungai naik drastis sampai 10 meter hingga air masuk ke badan jembatan.

“Yang jebol itu dari arah Oheo menuju wanggudu. Sudah tidak bisa dilewati,” ungkap Djasmiddin dikonfirmasi, Minggu siang.

Baca berita selengkapnya: Jembatan Penghubung Sultra dan Sulteng Putus, 6 Kecamatan Terisolasi

2. Presiden Jokowi belanja bersama keluarga di Pasar Gede Solo

Presiden Joko Widodo memilih batik saat bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan keluarga mengunjungi Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Sabtu (8/6/2019) (Biro Pers Setpres RI)Antara Presiden Joko Widodo memilih batik saat bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan keluarga mengunjungi Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Sabtu (8/6/2019) (Biro Pers Setpres RI)
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, dalam rilisnya mengungkapkan Presiden Jokowi dan keluarganya tiba di Pasar Gede pada pukul 09.57 WIB.

Setelah itu, Presiden Jokowi tampak berkeliling dan membeli salak sebanyak empat kilogram, jeruk sebanyak dua kilogram, blewah, hingga kesemek. Sementara kedua putra Presiden kompak membeli pisang.

Sementara Ibu Iriana singgah di kios yang menjual alat dapur untuk membeli beberapa perkakas tradisional, seperti ulekan dan centong nasi.

Presiden Jokowi tampak beberapa kali melayani warga yang mengajaknya untuk berswafoto.

Baca berita selengkapnya: Jokowi dan Keluarga Belanja Buah hingga Ulekan di Pasar Gede Solo

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com