Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

81 Terduga Pelaku Pembakaran di Buton Diamankan Tanpa Perlawanan

Kompas.com - 08/06/2019, 16:15 WIB
Defriatno Neke,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


BUTON, KOMPAS.com – Sebanyak 81 orang pemuda Desa Sampuabalo yang diduga merupakan pelaku bentrokan dan pembakaran rumah warga Desa Gunung Jaya, ditangkap polisi, Sabtu (8/6/2019) pukul 06.00 pagi.

Para pemuda tersebut ditangkap tanpa memberikan perlawanan kepada aparat kepolisian.

“Kami bersama TNI melakukan tindakan kepolisian di Desa Sampuabalo. Rupanya dengan imbauan-imbauan persuasif, mereka mau menyerahkan diri, walaupun kami persiapkan kalau memang terjadi hal-hal yang perlawanan, namun syukur alhamdulillah tidak ada perlawanan, jadi kami bisa mengamankan 81 orang,” kata Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjend Pol Iriyanto, saat mengunjungi Desa Gunung Jaya, Sabtu.

Baca juga: 81 Terduga Pelaku Pembakaran 87 Rumah di Buton Diamankan

Dari informasi yang diperoleh di lapangan, 300 anggota polisi gabungan dari Brimob, Polres Buton, dan Polres Baubau, melakukan penyisiran di dalam Desa Sampuabalo.

Polisi menangkap 81 diduga pelaku pembakaran tersebut dengan tanpa mengeluarkan tembakan peringatan.

Polisi melakukan penangkapan terhadap diduga pelaku pembakaran dengan cara pendekatan persuasif, sehingga para pemuda tersebut dengan sukarela diamankan polisi.

“Nanti 81 orang itu kami lakukan pemeriksaan dan kami pilah-pilah sesuai dengan alat bukti terkait dengan pembakaran, belum sampai ke penahanan,” ujar Kapolda.

Para pelaku tersebut akan dibawa ke Polda Sulawesi Tenggara yang berada di Kota Kendari untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: 5 Fakta Kerusuhan di Buton, Pasukan Raider Dikerahkan hingga 87 Rumah yang Dibakar Kembali DIbangun

Saat ini, para pelaku diangkut dengan menggunakan tiga unit mobil Dalmas milik polisi dan memakan waktu tempuh selama 6 jam tiba di Kota Kendari.

“Sengaja kami bawa ke Kendari untuk memudahkan proses penyidikan, sehingga tidak merepotkan wilayah di Polres Buton. Nanti Polres Buton bersama Kodim dan Pemda membantu membersihkan puing-puing rumah yang terbakar,” ucap Iriyanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com