Banjir di Luwu Terus Meluas Hingga 5 Kecamatan

Kompas.com - 08/06/2019, 16:02 WIB
Banjir yang merendam Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sejumlah warga memilih mencari tempat yang aman karena khawatir banjir susulan akan kembali terjadi, Sabtu (8/6/2019). KOMPAS.COM/AMRAN AMIRBanjir yang merendam Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, sejumlah warga memilih mencari tempat yang aman karena khawatir banjir susulan akan kembali terjadi, Sabtu (8/6/2019).

LUWU, KOMPAS.com - Banjir di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, Sabtu (8/6/2019) terus meluas.

Lima kecamatan terendam banjir yakni Kecamatan Ponrang, Kecamatan Suli, Kecamatan Larompong, Kecamatan Suli Barat dan Kecamatan Larompong Selatan.

Kondisi air terus meninggi bahkan sudah merendam jalan Trans Sulawesi, poros Belopa-Makassar.


Baca juga: Dua Hari Diguyur Hujan Deras, 4 Kecamatan di Luwu Terendam Banjir

Selain itu, ratusan rumah warga di Kecamatan Suli, dan Kecamatan Larompong, semakin naik bahkan mencapai satu meter lebih.

Warga yang rumahnya terendam berusaha memindahkan harta bendanya agar tidak rusak terendam air.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Luwu, Tagana dan kepolisian Polsek Suli turun membantu warga yang rumahnya terendam.

Kepala seksi Kedaruratan BPBD Luwu, Masri mengatakan, ketinggian air mencapai satu meter bahkan lebih.

"Mengingat cuaca masih ekstrim kami mengimbau warga, khususnya yang berada di bantaran sungai, agar mewaspadai banjir susulan, mengingat curah hujan masih cukup tinggi," kata Masri saat dikonfirmasi di lokasi banjir, Sabtu.

Baca juga: 3 Hari Diguyur Hujan, 400 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Sidrap

Masri menambahkan, akibat banjir belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan rumah dan infrastruktur. Meski begitu, banjir menyebabkan kerugian materil.

"Kalau kerugian materil kami belum data, tapi melihat kondisi banjir ini banyak peralatan elektronik warga yang rusak, termasuk kebun dan tambak," jelasnya.

Banjir bandang yang terjadi di Luwu setelah diguyur hujan selama 2 hari yang menyebabkan meluapnya sungai Cimpu, Sungai Suli, Sungai Keppe dan Sungai Noling.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X