Antre "Open House" di Rumah Jusuf Kalla, Seorang Wanita Hamil Nyaris Melahirkan

Kompas.com - 07/06/2019, 11:53 WIB
Suasana Open House JK di kediaman pribadinya di Jl Hadji Bau, Makassar, Jumat (7/6/2019). KOMPAS.com/HENDRA CIPTOSuasana Open House JK di kediaman pribadinya di Jl Hadji Bau, Makassar, Jumat (7/6/2019).

MAKASSAR, KOMPAS.com – Seorang wanita hamil nyaris melahirkan saat mengikuti "open house" yang digelar keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kediaman pribadinya di Jalan Hadji Bau, Makassar, Jumat (7/6/2019). 

Awalnya, sejak Jumat pagi, warga Kota Makassar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mendatangi kediaman Kalla.  Warga tampak berdesak-desakan mengantre di jalur yang telah disiapkan.

Jalur yang disiapkan oleh panitia open house pun menggunakan pagar hingga tenda agar tidak kepanasan. Puluhan ribu warga yang datang ke open house keluarga Kalla untuk bersalaman dan menerima sedekah sebesar Rp 100.000, serta kue dos untuk setiap orang.

Baca juga: Alasan Kesehatan, Jusuf Kalla Diwakili Anaknya Saat Open House di Makassar

Namun, di tengah antrean yang berdesak-desakan, seorang wanita yang sedang hamil tua meringis kesakitan ingin melahirkan. Wanita itu langsung dievakuasi dan dinaikkan ke dalam mobil ambulans yang kemudian dilarikan ke rumah bersalin. 

Selain itu, saat antre, 12 orang pingsan karena berdesak-desakan. Korban pingsan langsung mendapat penanganan dari tim medis yang telah disiapkan oleh panitia. 

Tampak anggota dari Polrestabes Makassar dan Kodim 1408 BS yang menjaga keamanan open house, kewalahan mengatasi puluhan ribu warga Makassar yang berdesak-desakan di lokasi.

Ketua panitia open house di kediaman JK, Muhammad Darwis yang dikonfirmasi mengatakan, ibu hamil yang nyaris melahirkan saat open house merupakan berkah. Ibu hamil tersebut telah dibawa ke rumah bersalin untuk mendapat perawatan medis.

“Ini suatu berkah yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan ibu hamil itu melahirkan bayinya dengan selamat. Ibu hamil itu pun dilarikan ke rumah bersalin yang telah menjadi rujukan. Jadi tidak ada masalah soal biaya persalinannya,” katanya.

Baca juga: Jusuf Kalla Yakin Masyarakat Tak Terpengaruh Teror Bom Bunuh Diri di Sukoharjo

Darwis mengatakan, selain pengamanan, di lokasi juga telah disiapkan tenda dan pagar, serta pengelompokan antrian. Disediakan juga air minum. 

Open house ini hanya dihadiri oleh anak-anak Kalla, yaitu Sholihin Kalla dan Imelda Kalla. Sedangkan Jusuf Kalla tidak hadir karena sedang dalam masa pemulihan kesehatan di Jakarta.

Turut hadir dalam open house tersebut, Pejabat (PJ) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X