Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antre "Open House" di Rumah Jusuf Kalla, Seorang Wanita Hamil Nyaris Melahirkan

Kompas.com - 07/06/2019, 11:53 WIB
Hendra Cipto,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Seorang wanita hamil nyaris melahirkan saat mengikuti "open house" yang digelar keluarga Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di kediaman pribadinya di Jalan Hadji Bau, Makassar, Jumat (7/6/2019). 

Awalnya, sejak Jumat pagi, warga Kota Makassar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mendatangi kediaman Kalla.  Warga tampak berdesak-desakan mengantre di jalur yang telah disiapkan.

Jalur yang disiapkan oleh panitia open house pun menggunakan pagar hingga tenda agar tidak kepanasan. Puluhan ribu warga yang datang ke open house keluarga Kalla untuk bersalaman dan menerima sedekah sebesar Rp 100.000, serta kue dos untuk setiap orang.

Baca juga: Alasan Kesehatan, Jusuf Kalla Diwakili Anaknya Saat Open House di Makassar

Namun, di tengah antrean yang berdesak-desakan, seorang wanita yang sedang hamil tua meringis kesakitan ingin melahirkan. Wanita itu langsung dievakuasi dan dinaikkan ke dalam mobil ambulans yang kemudian dilarikan ke rumah bersalin. 

Selain itu, saat antre, 12 orang pingsan karena berdesak-desakan. Korban pingsan langsung mendapat penanganan dari tim medis yang telah disiapkan oleh panitia. 

Tampak anggota dari Polrestabes Makassar dan Kodim 1408 BS yang menjaga keamanan open house, kewalahan mengatasi puluhan ribu warga Makassar yang berdesak-desakan di lokasi.

Ketua panitia open house di kediaman JK, Muhammad Darwis yang dikonfirmasi mengatakan, ibu hamil yang nyaris melahirkan saat open house merupakan berkah. Ibu hamil tersebut telah dibawa ke rumah bersalin untuk mendapat perawatan medis.

“Ini suatu berkah yang sangat luar biasa. Mudah-mudahan ibu hamil itu melahirkan bayinya dengan selamat. Ibu hamil itu pun dilarikan ke rumah bersalin yang telah menjadi rujukan. Jadi tidak ada masalah soal biaya persalinannya,” katanya.

Baca juga: Jusuf Kalla Yakin Masyarakat Tak Terpengaruh Teror Bom Bunuh Diri di Sukoharjo

Darwis mengatakan, selain pengamanan, di lokasi juga telah disiapkan tenda dan pagar, serta pengelompokan antrian. Disediakan juga air minum. 

Open house ini hanya dihadiri oleh anak-anak Kalla, yaitu Sholihin Kalla dan Imelda Kalla. Sedangkan Jusuf Kalla tidak hadir karena sedang dalam masa pemulihan kesehatan di Jakarta.

Turut hadir dalam open house tersebut, Pejabat (PJ) Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com